Mohon tunggu...
Rosdyana Putri
Rosdyana Putri Mohon Tunggu... Sarjana hukum yang suka menulis dan menggambar

happy woman

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

4 Mantra Anti Kegagalan

21 Maret 2021   17:34 Diperbarui: 22 Maret 2021   12:54 178 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
4 Mantra Anti Kegagalan
Sumber: Koleksi Pribadi

 

"Aku gagal!"

"Kenapa bisa begini?"

"Aku sudah melakukan yang terbaik, tapi mengapa masih gagal?"

Kata-kata di atas mungkin sudah sangat sering kita dengar. Bahkan terkadang tak ada lagi kalimat yang bisa diungkapkan bagi mereka yang terlalu sering mengalami kegagalan, yang ada hanyalah perasan hampa yang dihiasi dengan senyum hambar. Luka tapi tak berdarah.

Kegagalan adalah hal yang biasa dialami setiap orang sebelum menuju kesuksesan, seperti ada sebuah pepatah yang mengatakan "Kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda".

Kegagalan hanya perlu disikapi dengan perbuatan yang positif, karena dari kegagalan yang tertunda ini ternyata ada hal yang berharga yaitu sebuah pengalaman, yaitu proses yang akan membuat kita menjadi lebih kuat dan mampu untuk menghadapi halang rintang yang menghadang.

Ada beberapa poin yang harus ditanamkan pada diri seseorang jika hendak sukses. Antara lain:

1. Kesungguhan

Kesungguhan, menurut kamus Besar Bahasa Indonesia kesungguhan berawal dari kata dasar sungguh yang memiliki arti berupa perbuatan atau hal yang sungguh-sungguh dan bahkan sebuah ketulusan. Sehingga dalam proses mencapai kesuksesan seseorang harus berbuat dengan sungguh-sungguh dan tulus untuk mencapainya.

Ada pepatah arab yang melukiskan kata kesungguhan ini menjadi sesuatu hal yang penuh dengan makna, yaitu  "Man jadda wa jadda". Tentu anda sudah sering mendengarnya bukan? Hanya saja kebanyakan orang hanya tahu tetapi tidak menerapkannya dalam hidup. Kata jadda memiliki arti bersungguh-sungguh, wajadda artinya pasti dapat (berhasil) sehingga pepatah ini memiliki arti "Siapa yang bersungguh sungguh pasti akan berhasil".

Sekarang, apa yang dimaksud dengan kalimat bersungguh-sungguh? Bagaimana cara kita bisa bersungguh-sungguh. Caranya tentu sangat mudah sekali. Banyak hal yang bisa dilkukan untuk membuktikannya, salah satunya adalah  melakukan sesuatu yang lebih dari orang lain biasa lakukan. Misalnya jika orang orang terbiasa bangun jam lima pagi untuk melakukan sesuatu maka anda seharusnya melakukannya lebih awal dari mereka. Bisa juga belajar lebih giat dibanding kebanyakan orang.

2. Kesabaran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x