Mohon tunggu...
Melina Purnomo
Melina Purnomo Mohon Tunggu...

i am a freelancer writer, musician and a financial consultant.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Sudah Berjeniuskah Kita dalam Pengelolaan Keuangan?

19 Juli 2017   17:10 Diperbarui: 19 Juli 2017   17:18 0 0 2 Mohon Tunggu...
Sudah Berjeniuskah Kita dalam Pengelolaan Keuangan?
Acara Nangkring Kompasiana dan Jenius- BTPN-19 Juni 2017

Masalah prioritas hidup dalam pengelolaan keuangan akan selalu menjadi momok masalah yang terus kita hadapi dari waktu ke waktu. Penyelesaiannya sudahkah kita berjenius dalam pengelolaan keuangan kita dengan. Mari kita coba telusuri lebih dahulu semoga kita makin dibukakan mata hati kita. Kedua hal ini tentunya masih menjadi prioritas hidup dalam keseharian hidup kita sehari-hari. Kedua hal ini sama sekali tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Karena menurut pemikiran saya kedua hal ini berhubungan erat satu sama lain dan saling berkesinambungan. 

Kalau kita tidak dapat menghargai waktu yang ada di setiap harinya yang ada kita akan kehilangan kesempatan-kesempatan emas yang ada. Terlebih lagi tentunya kita harus dapat mengatur keuangan kita dari prioritas yang sudah kita tentukan. Sesudah itu kita baru dapat kita menentukan prioritas mana yang seharusnya kita dapat jalankan dengan baik. Tidak perlu terlalu ribet dalam mengelola prioritas kehidupan kita sehari-harinya. Kita berusaha menjalankan saja priorias hidup kita sebisa yang kita jalani di keseharian kita. Priootas hidup pastinya disesuaikan dengan budget yang kita miliki dan kemampuan yang sudah diberikan oleh Yang Maha Esa. Setelah itu kita tinggal berusaha mewujudkannya dengan prioritas yang sudah kita miliki di kepala kita masing-masing.

Sejak kita sudah dapat mencari uang dengan sendirinya kita tidak terlepas harus mengetahui cara mengelolanya juga. Lebih tepatnya prioritas mana yang harus kita lakukan untuk dapat mengelola keuangan kita dengan sendirinya. Ditambah kita yang tinggal di kota metropolitan ini akan lebih susah dan lebih banyak tergiurnya untuk lebih menggunakan uang yang kita miliki daripada yang kita tabung. Ini yang harus dapat kita cermati dengan lebih baik sehingga jika terjadi sesuatu pada kita ; kita tidak akan merasa kelabakan atau pontang-panting mencari bantuan. 

Maka dari itu kita harus lebih pintar-pintar dalam pengelolaan keuangan kita di keseharian kita agar tentunya tidak lebih pasak daripada tiang yang biasanya dialamai oleh anak muda milenial zaman sekarang. Jangan terlihat keren terlebih dahulu tetapi barang yang mereka miliki belum dapat mereka bayar dengan cash melaikan dibeli dengan kredit. 

Akankah gaya hidup seperti ini yang terus kita pertahankan untuk keseharian kita? Tentunya tidak bukan? Maka dari itu kita harus lebih cerdas dalam pengelolaan keuangan kita dan financial planning kita di keseharian kita semoga. Dan kali ini yang ditawarkan agar kita lebih dapat dengan mudahnya untuk mengatur financial planning kita diberi pemahaman agar kita lebih mudah dalam mengatur keuangan kita salah satunya kali ini dari "Jenius"  Semoga kita prioritas yang kita buat semakin baik dengan hadirnya "Jenius". Semoga pilihan jenius kali ini akan dapat membantu pengelolaan keuangan kita di keseharian kita. Karena jenius berusaha untuk memberikan rasa aman untuk mengelola kehidupan dari keuangan kita.

Dalam benak anda mungkin mempertanyakan mengapa sampai kita harus memiliki perencanaan keuangan yang sedemikian rupa ; atau mumgkin kita berpendapat perencanaan keuangan bukannya nanti akan membuat kita semakin sulit saja. Jangan berpikir seperti itu terlebih dahulu tetapi kita harus lebih melihat lebih baik lagi dari hal ini. 

Karena justru dengan merencanakan keuangan yang sedemikian rupa kehidupan kita akan semakin baik lagi nantinya. Apakah kita tidak menginginkan kehidupan kita yang lebih terjamin? Tentu ingin bukan? Mari kita jalankan apa yang seharusnya menjadi prioritas kebutuhan di dalam kehidupan kita masing-masing. Sehingga ke depannya kehidupan kita makin lebih terjamin dengan prioritas yang sudah kita buat.       

Masalah keuangan selalu menjadi hal yang akan selalu dipertanyakan oleh siapa pun juga. Semenjak mereka sudah dapat mencari keuangan mereka sendiri. Masalahnya apakah yang mereka juga siap untuk keuangan mereka di masa depan mereka. Ini lah yang akan menjadi masalah yang harus dipertimbangkan bagaimanapun juga. Tidak bisa kita menolak hal ini bagaimana pun juga. Tetapi yang dapat kita lakukan adalah mengelola keuangan kita dengan sebaik mungkin. 

Sudahkah kita memikirkan hal ini terlebih dahulu? Cobalah lebih cerdas dalam mengelola keungan kita sesuai dengan pemasukan yang kita dapatkan sehari-harinya. Setelah itu tentunya kita juga mencoba terlepas dari yang namanya hutang atau kartu kredit yang kita pakai. Keuangan yang seperti itu berpengaruh tidak baik untuk keuangan kita sehari-harinya. Karena yang ada kita akan terus terlilit dari hutang yang berkepanjangan yang belum tentu kita dapat menyelesaikannya. Cara yang paling baik adalah kita harus berusaha mengeluarkan diri kita dari jerat hutang secara berkala setelah hal itu dapat kita selesaikan kita baru dapat mengelola keuangan kita dengan baik. Mari lebih cerdas dalam mengelola keuangan kita setelah itu baru kita secara perlahan dapat mengelola keuangan kita.

Kita pastinya dalam diri kita masing-masing masih sangat teringat dengan baiknya dalam diri kita masing-masing bagimana orang tua kita membimbing kita dalam mengelola keuangan kita sejak dininya. Di mana kita belum dapat mencari uang dengan diri kita sendiri. Kita secara berkala akan diberikan uang jajan perharinya dimana banyaknya dari uang tersebut harus bisa mencukupi barang atau biasanya makanan yang akan kita habiskan untuk hari itu. 

Biasanya kita baru mengerti arti dari jumlah uang itu sejak kita menginjak usia di sekolah dasar ( SD) karena kita baru memahami apa arti dari uang itu dengan sendirinya. Hal itu mungkinlah hal yang mendasar tentang uang jajan tersebut tapi dengan hal yang mendasar itulah kita diajarkan paham untuk memakai uang sesuai dengan yang kita butuhkan. Yang kedua hal yang diajarkan oleh orang tua kita yaitu masih menyambung dari uang jajan yang diberikan oleh orang tua kita. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x