Perkembangan saat bank konservatif belum mengenal digitalisasi, semua orang harus datang ke bank untuk melakukan transaksi, mengambil uang , Â membayar berbagai tagihan.
Dengan transformasi dari bank konvesional menjadi bank digital dalam satu dekade terakhir , khususnya saat pandemi Covid 19, Â terjadilah perubahan pola masyarakat dalam bertransaksi. Â Masyarakat ingin bertransaksi tanpa sentuhan, tanpa harus ke bank yang butuh waktu (perjalanan dan antrian), bahkan tidak ada kekhawatiran untuk penyebaran virus .
Peralihan metode pembayaran dari yang fisik harus ke bank menjadi metode pembayaran digital membuat masyarakat merasa lebih aman ke metode pembayaran digital yang dianggap lebih aman, dan mudah semuanya berbasiskan internet, QR Code.
 Bank Digital
Bukan sekedar perubahan perilaku nasabah dalam metode pembayaran saja, tapi perubahan apetite nasabah untuk mengurangi pembayaran dengan uang tunai yang semakin menurun, membuat bank harus hadir secepatnya membangun digitalisasi dalam perbankan.  Layanan perbankan harus memenuhi tuntutan nasabah Gen Z  yang sangat fasih dalam menggunakan berbagai aplikasi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Â
Pengembangan layanan perbankan yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan gene Z, terbagi dalam tiga segmen yaitu  finansial pribadi,  transaksi  dan investasi. Â
Kehadiran super-App makin masif dan canggih. Â Bahkan, dalam laporan PWC, berjudul "Navigating the payments matrisx 'Charting a course amid evaluation and repluation" (Payment 2025 and Beyond), di Asia dan wilayah yang berkembang pesat sebagai inovasi dan model bisnis baru.
Di China dikenal platform seperti Alipay dan WeChatPay,  meluncurkan cara pembayaran dalam bentuk super-app. Dalam aplikasi ini bukan hanya satu fungsi saja sebagai alat pembayaran, tetapi juga mendukung berbagai layanan seperti belanja, investasi, media sosial, menciptakan ekosistem digital  sesuai kebutuhan nasabah.
Di Indonesia sendiri , sejumlah bank besar telah mengembangkan dan meluncurkan "super App" yang merupakan aplikasi perbankan digital yang menawarkan berbagai layanan keuangan dan non keuangan. Super app ini jadi standar baru dalam layanan digital bank di Indonesia.
Super app seperti BRImo, Livin'by Mandiri, BCA Mobile, BYOND by BSID dan Bale by BTN, Â bukan sekedar layanan perbankan dasar seperti transfer dana, cek saldo, bayar tagihan, tetapi juga menawarkan fitur tambahan e-commerce, investasi, pembayaran dan layanan digital lainnya.
Revolusi Digital Wallet dalam satu genggaman
Digital wallet atau dompet digital menjadi suatu perkembangan finansial teknologi yang mengubah citra atau gambaran yang dulunya pembayaran dengan kartu, tunai telah berubah dengan ekosistem yang terstruktur menjadi digital.