Mohon tunggu...
Ina Tanaya
Ina Tanaya Mohon Tunggu... Penulis - Ex Banker

Blogger, Lifestyle Blogger https://www.inatanaya.com/

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Kembalikan Eksklusif ASI! Jangan Terjebak Perdagangkan ASI dengan Susu Formula

29 September 2022   16:38 Diperbarui: 29 September 2022   16:49 428
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ingatan saya kembali saat saya harus melahirkan anak pertama dan satu-satunya.  Melahirkan dengan problematik yang luar biasa karena ada myoma yang menghalangi jalan kelahiran bayi. Prediksi awal dari dokter genololog , memvonis  saya harus melahirkan secara Caesar.

Setelah kelahiran nomal dengan 14 jam sakit, bayi perempuan pun lahir dengan sehat.  Sayangnya setelah lahir, bayi itu dipisahkan diri dari saya.  Saya sendiri ingat betul,begitu bayi lahir, tidak ada sentuhan bayi diletakkan di dada saya.   Yang terdengar hanya tangisan bayi , sampai bayi itu berlalu.

Selama kehamilan, saya tak pernah belajar dan mendapat pengetahuan tentang menyusui.  Fokus hanya kelahiran anak.

Saya tak pernah belajar atau mendengar tentang laktasi, bagaimana merawat payudara agar dapat menyusui dengan baik, atau bagaimana cara agar air susu bisa ke luar dengan baik, bagaimana cara anak juga dapat menyusui dengan baik.

Ketika  dua hari tidak ada air susu yang ke luar dari payudara saya,  langsung perawat rumah sakit mengatakan bahwa dokter anak sudah menentukan agar bayi diberikan susu formula agar tidak kekurangan gizi.

Bagaikan orang yang bodoh, saya menganggap hal itu adalah jalan terbaik agar anak saya tidak kelaparan atau menangis karena dia tak bisa mendapatkan ASI dari saya.

ASI is  "The Best"

Begitu golden age anak saya sudah lewat, saya baru menyadari kesalahan saya sebagai ibu.  Saya baru mengetahui setelah membaca di suatu artikel bagaimana seorang anak dari 0-6 bulan pertama seharusnya mendapatkan ASI eksklusif tanpa tambahan makanan atau minuman lain.

ASI jadi tumpuan bayi dan ibu .   ASI mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan bayi dalam tumbuh kembangnya, mulai dari protein,lemak,karbohindrat dan mineral lpenting.

Manfaat ASI eksklusif bagi bayi salah satunya adalah mencegah terserang penyakit yang bisa mengancam Kesehatan bayi. Membantu perkembangan otak dan fisik bayi.

Laktasi sumber pengetahuan tentang ASI

Bagi para ibu yang tak punya pengetahuan tentang Laktasi kelahiran seperti saya, akan menyerah Ketika air susu tidak ke luar dan adanya masalah dengan putting payudara dan lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun