Mohon tunggu...
Ina Tanaya
Ina Tanaya Mohon Tunggu... Penulis - Ex Banker

Blogger, Lifestyle Blogger https://www.inatanaya.com/

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Hindari Ledakan Kompor Gas karena Kelalaian Sendiri

1 Desember 2021   15:45 Diperbarui: 20 Januari 2022   14:54 1280
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi ledakan kompor gas yang diakibatkan kelalaian. Sumber: The Garden Granny via Kompas.com

Sebagai ibu rumah tangga yang berkutat di dapur setiap hari, tentunya kompor dan gas menjadi perhatian utama kita.

Suatu hari saya  kaget sekali kenapa bau gas .  Segera saya membuka lemari tempat menyimpan tabung gas yang letaknya di bawah kiri kompor  (bukan  langsung di bawah kompor gas). 

Nyata baunya sangat menyengat.   Saya kaget sekali kenapa bisa begitu?  Saya ingat bahwa baru dua hari saya mengganti tabung gas dengan yang baru.  Apakah ada kebocoran di tabung gas?

Lalu bergegas saya minta bantuan dari petugas tempat saya beli tabung gas untuk datang ke rumah.  Begitu mereka datang, langsung melepaskan kepala gas dari tabungnya.  Lalu memeriksa apakah karet yang berada di  tabung gas, tempat regulator dimasukkan, sudah tidak baik.

Untuk meyakinkan  bau gas bukan dari   karet, maka karet pun diganti.   Lalu dipasang regulatornya.

Ternyata, besok paginya, saya bau gas itu tetap ada.  Bingung dengan apa penyebab bocornya bau gas ini dan dari mana datangnya.

Selidik punya selidik, saya menemukan bahwa selang gas itu dari luar memang lihat masih bagus, tetapi ada cabikan karet yang terlihat sudah ke luar.

Langsung saya foto selang yang lama, saya pergi ke toko peralatan untuk alat rumah tangga.  Hanya dua jenis dari selang yang dijual.  Saya pilih yang terbaik.  Petugas memberikan tips kepada saya, selang ini validitasnya hanya dua tahun .  Jadi jika memungkinkan, sebaiknya diganti sebelum dua tahun.

Penyebab  terjadi kebakaran

Orang sering mengira bahwa penggunaan tabung gas itu sebagai penyebab kebakaran.  Mereka mencoba menghindari penggunaan tabung gas.  

Asumsi ini sangat tidak benar karena tabung gas yang umumnya sering terjadi kebakaran adalah ukuran 3,6 kg itu bukan penyebabnya.  Ledakan atau kebarakan itu disebabkan oleh akumulasi udara yang dipenuhi oleh gas di ruang yang sempit.  Saat kita menyalakan  api di kompor, maka udara yang penuh dengan gas itu jadi pemantik terjadi kebakaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun