Begitu Anda melamar pekerjaan di suatu perusahaan, terutama perusahaan multinasional, Anda perlu merasakan kultur budaya perusahaan itu.Â
Loh, bagaimana bisa mengetahui kultur budaya suatu perusahaan, khan belum masuk kerja?  Siapkan diri untuk bertanya kepada orang yang mewancarai Anda. Jika kebetulan Anda bertemu dengan  karyawan , paling tidak yang selevel jabatannya dengan posisi Anda melamar, bagaimana kultur perusahaan ini.
Tips ini sangat bermanfaat sekali karena begitu Anda masuk ke suatu perusahaan multinasional, Anda harus adaptasi dengan cepat kultur yang dianut oleh mereka.
Ketika saya masuk di perusahaan perbankan asing, saya juga bertanya kepada salah satu pejabat yang ada di perusahaan itu, bagaimana kultur budaya perusahaan ini. Jawabannya singkat sekali, kamu harus tahan banting, penuh energi dan banyak belajar.
Perusahaan tempat saya bekerja dikenal sebagai tempat pembelajaran, pendidikan produk perbankan,  training centre  yang sangat lengkap  bagi mereka yang ingin memiliki karir dalam bidang  perbankan. Jenjang karir yang jelas akan diberikan kepada mereka yang mampu lulus dalam pendidikan cukup panjang.
Bayangkan untuk jadi calon officer sering disebut dengan Management Trainee, seseorang harus menguasai internal training  dari semua divisi, (observasi,  presentasi serta evaluasi dari masing-masing kepala divisi), Jangka waktunya cukup lama hampir 6-12 bulan, termasuk training ke luar negeri (ini berlaku saat tahun 1994  ).
Ketika training formal maupun informal selesai, barulah Anda jadi account officer dengan ranking dimulai dari yang paling rendah Assistant Manager.
Perbedaan dari mereka  yang melamar bukan untuk jenjang officer, tetapi untuk "clerk", tidak perlu ikut training ketat.  Namun, tiap tahun, setiap  orang pasti diberikan training paling sedikit dua kali, in-house training dan external training.  Dulu masih ada kesempatan bag mereka yang dari non-officer, boleh mencoba untuk jabatan officer apabila mampu secara intelektrual maupun komunikasi (semuanya dalam Bahasa Inggris ).
Jenjang karirÂ
Bekerja di perusahaan multinasional punya jenjang karir struktural yang jelas,  contohnya apabila Anda masuk tahun pertama sebagai Assistant Manager, punya kualifikasi  yang kompeten, mampu menguasai pekerjaan, maka dalam waktu dua tahun Anda akan menjadi Manager.  Setelah manager, dua tahun jadi Assistant Vice President dan terakhir Vice Presiden.
Sebagai tambahan bonus berdasarkan prestasi kerja yang ada persentasenya, diluar kenaikan gaji untuk  kenaikan pangkat.
Kompetisi
Di atas saya telah menyinggung bahwa  kultur budaya itu penting diketahui sebelum masuk kerja . Nach di perusahaan tempat saya  bekerja itu,  dituntut suatu adaptasi,  kemampuan bekerja dengan produktivitas tinggi.  Â