Mohon tunggu...
Ina Tanaya
Ina Tanaya Mohon Tunggu... Penulis Lepas, Blogger dan Bidang Sosial

Blogger, Penulis , Traveller

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Kisah Pengalaman Saya sebagai Lansia Melakukan Vaksinasi Covid 19

14 Maret 2021   15:34 Diperbarui: 16 Maret 2021   05:25 607 14 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kisah Pengalaman Saya sebagai Lansia Melakukan Vaksinasi Covid 19
Ilustrasi vaksin covid (Sumber: Reuters via BBC Indonesia)

Setelah perjalanan cukup panjang untuk bisa mendapatkan pendaftaran vaksin, akhirnya saya berhasil mendaftar di suatu platform aplikasi yang bernama "Good Doctor". Banyak orang meragukan apakah platform ini resmi dari Kementrian Kesehatan. Ternyata ada pernyataan dari Kementrian Kesehatan bahwa Kementrian Kesehatan menggandeng atau bekerja sama dengan platform "Good Doctor" untuk penanganan vaksinasi di Tangerang Selatan dan Bandung.

Awalnya, saya mendapat informasi melalui surel bahwa vaksinasi akan diadakan di Puspitek pada tanggal 10 Maret 2021. Ternyata tanggal dan tempat berubah menjadi tanggl 13 Maret berlokasi di ICE BSD.

Komunikasi via surel sangat panjang, pertama mereka meminta konfirmasi dari saya terkait perubahan tempat dan waktu, lalu final konfirmasi dari pihak "Good Doctor" dan saya harus melakukan konfirmasi ulang sekali lagi.

Vaksin Corona (Dokumentasi pribadi)
Vaksin Corona (Dokumentasi pribadi)
Saya sebagai lansia, saya merasa tenang dan bahagia karena sudah punya jadwal yang pasti untuk vaksinasi. Di Tangerang Selatan ini, proses vaksinasi dilaksanakan dengan dua metode, yaitu melalui drive thru atau langsung di gedung. Dan saya memutuskan untuk memilih vaksin langsung di gedung.

Persiapan fisik untuk tetap tenang dan tidak perlu khawatir terkait vaksin Covid 19 sudah saya lakukan. Demikian juga suami yang mendapat jadwal yang sama dengan saya juga melakukan persiapan fisik. Suami saya memiliki penyakit tekanan darah tinggi sehingga malam hari paginya jelang vaksin, dia minum obat terlebih dahulu. 

Jelang vaksinasi

Berhubung jadwal vaksinasi kami jam 11.00 WIB, kami memutuskan berangkat dari rumah satu setengah jam lebih awal, yaitu pukul 09.30 WIB guna mengantisipasi macet dan mencari lokasi. Ternyata perjalanan yang melalui tol dari Bintaro menuju BSD itu sangat lancar sekali, sekitar jam 10.10 WIB saya sudah tiba di lokasi.

Dari parkiran pun kami sudah ditanya oleh petugas, apakah kami sudah mendaftar vaksinasi. Kemudian, berkas kami tunjukkan dan kami diarahkan untuk masuk ke ruang pendaftaran.

Pendaftaran Vaksinasi di ICE (Dokumentasi pribadi)
Pendaftaran Vaksinasi di ICE (Dokumentasi pribadi)
Di depan pintu kaca sebelum masuk ke ruangan, anak-anak muda juga telah mengarahkan kami ke salah satu dari deretan tempat pendaftaran. 

Ada sederet anak muda yang berada di tempat pendaftaran yang tempatnya dlindungi dengan kaca. Di sana kami menyerahkan berkas pendaftaran dan KTP. Selesai melakukan pendaftaran, kami diberikan kertas nama platform yang dituju untuk dilakukan screening.

Menuju Screening (Dokumentasi pribadi)
Menuju Screening (Dokumentasi pribadi)
Kami menuju suatu tempat atau hall yang besar sekali, di sana sudah tertata kira-kira 10 deret kursi memanjang dan masing-masing diberikan petunjuk label huruf A, B, C, D. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x