Mohon tunggu...
Ina Tanaya
Ina Tanaya Mohon Tunggu... Penulis - Ex Banker

Blogger, Lifestyle Blogger https://www.inatanaya.com/

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Swab Test Itu Mengaduk-aduk Perasaan dan Pikiranku

24 Oktober 2020   15:37 Diperbarui: 24 Oktober 2020   15:50 165
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ketika saya memposting di media sosial bagaimana proses swab test, banyak teman-teman saya bertanya tentang swab test, apakah sakit, mengapa harus swab test dan lain-lainnya.

Terus terang, saya belum pernah rapid,  PCR atau Swab test.  Saya menganggap bahwa semua test itu perlu apabila saya telah kontak dengan orang yang terkena Covid-19.  Padahal, sekarang ini banyak sekali OTG yang tidak pernah kita sangka datang ke rumah atau saya bersentuhan dengan mereka yang statusnya OTG.

Dari pihak portal Indonesia.Go.ID pun mengatakan dengan jelas bahwa test swab memiliki akurtasi yang tepat untuk mendeteksi infeksi akibat virus corona. Waktu yang dianjukan untuk melakukan test swab adalah dua hari setelah seseorang dalam kondisi tertentu menderita batuk, demam, atau sesak napas.

Lalu, mengapa saya harus melakukan swab test yang dilakukan di pos satpam RT 002 , di tempat kediaman saya pada hari Jumat, tanggal 23 Oktober 2020 yang lalu.

Saya tidak memiliki gejala-gejala covid-19 seperti demam tinggi, batuk, sakit perut, sesak nafas, sakit tenggorokan.   Tetapi salah satu tetangga saya , suaminya sudah punya gejala itu, demannya tinggi, dan sakit batuknya hingga berdahak darah, akhirnya dibawa ke rumah sakit dan langsung suspek covid-19.

Tidak berapa lama kemudian, setelah melapor kepada RT setempat, seluruh keluarga, baik istri, anak, dan cucu pun harus test swab.   Ternyata istrinya yang kebetulan sudah dalam kondisi stroke ringan memiliki gejala sesak nafas.  Istri dari tetangga ini segera dilarikan ke rumah sakit karena ada komplikasi dengan penyakit bawaannya yaitu diabet.  

Tak lama setelah kejadian itu, RT saya yang merupakan petugas gugus TUgas Covid-19 pun bertindak sangat cepat.  Dia melaporkan kepada KEluruahan dan kepada Puskesmas.   Lalu, setelah ada pengecekan dan verifikasi langsung, petugas kesehatan pun memerintahkan kepada RT untuk mengadakan test swab untuk warga , paling sedikit 1 orang untuk satu keluarga.

Awalnya, perasaan saya tidak merasa khawatir sama sekali karena saya tidka pernah bersentuhan atau kontak langsung.  Saya hanya datang ke rumah bersangkutan untuk memberikan makanan yang saat itu istri berada di rumah sakit karena stroke, sedangkan suaminya masih belum suspect.

Setelah dekat dengan hari H atau tepatnya 1 hari sebelum hari Jumat, saya kok merasa makin khawatir tentang proses swab test.

Pikiran yang sempat mendera dalam kalbu adalah nanti jika orang yang datang di tempat test swab itu begitu banyak dan tidak diatur jam kedatangan dan jika ternyata diantara mereka  adalah OTG, akan menimbulkan masalah lagi.  Lalu pertanyaan-pertanyaan dalam pikiran bagaimana dengan petugasnya, apakah mereka kompeten?  Lalu, bagaimana jika petugas tidak akurat , tertukar antar orang yang datang.  Segudang pertanyaan timbul dalam benak dan pikiran.

Jadi malam sebelum swab test, jadi momok yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun