Mohon tunggu...
Ina Tanaya
Ina Tanaya Mohon Tunggu... Penulis Lepas, Blogger dan Bidang Sosial

Blogger, Penulis , Traveller

Selanjutnya

Tutup

Fesyen Pilihan

Apakah Cara Berpakaian Menunjukkan Siapa Anda?

13 November 2019   17:40 Diperbarui: 13 November 2019   17:43 326 5 1 Mohon Tunggu...
Apakah Cara Berpakaian Menunjukkan Siapa Anda?
Kompilasi dua gambar yang diambil dari digitalspy.com

Ketika Anda melihat dua foto yang bersanding di atas ini, apa yang ada di dalam benak pikiran Anda?  Apakah orang yang mengenakan baju sederhana seperti Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan ini orang yang  sederhana, sementara orang yang disampingnya yang mengenakan pakaian jauh lebih bagus itu pasti orang kaya?  Penampilan memang tidak selalu menunjukkan siapa dia.  Sesungguhnya kekayaan Mark berlipat ganda dari orang yang disampingnya.

Sering orang terjebak dalam penilaian bahwa pakaian mewah sebagai atribut dari kekayaan, intelektualitas dan martabat seseorang.Makna dari pakaian mewah, bagus  itu bukan landasan seseorang itu pasti hebat, kaya sesuai dengan penampilannya.

Apabila kita masih menghakimi seseorang dari pakaian yang dikenakannya atau  penampilan yang terlihat secara kasat mata,  penilaian itu belum sepenuhnya mewakili dari apa yang menjadi latar belakang dari intelektualitas atau kemampuan orang itu . Lalu seberapa besar pentingnya berpakaian mewah atau  bagus untuk memberikan kesan kepada orang lain? 

Saya mengutip ada beberapa pendapat tentang   apakah berpakaian bagus itu penting atau tidak?

Berpakaian dapat menunjukkan kepribadian seseorang.

Dalam hal kemampuan seseorang, orang  tidak seharusnya dihakimi dengan cara berpakaiannya.  Memang berpakaian baik dan bagus itu adalah penting.  Salah satunya adalah menunjukkan  bentuk kepribadiannya.   Contohnya , jika anda pergi mencari pekerjaan. Lalu Anda harus datang untuk interview,  jika anda tidak berpakaian baik atau bagus, bagaimana Anda dapat berharap untuk diterima jika kesan pertama yang Anda berikan atau tunjukkan kepada calon atasan adalah sesuatu yang negatif.

Umumnya berpakian baik itu dianggap sebagai kesan pertama yang dilihat oleh orang lain  dimana kita langsung mengingatnya di dalam pikiran dan saya pun juga pernah mengalaminya demikian itu.

Namun, saya mempercaya bahwa berpakaian baik itu  adalah berasal dari keinginan atau kemauan dari kita sendiri bukan untuk menyenangkan orang lain.  Secara psikologis, seseorang yang berpakaian baik merasa lebih percaya diri dan itulah salah satu bentuk aspek  komunikasi. Komunikasi yang baik dapat diperoleh dengan mudah apabila seseorang memutuskan to memilih berpakian secara bijak.

Walaupun saya percaya bahwa pakaian merepresentasikan kepribadian seseorang.  Namun, kita tetap tidak bisa beragumentasi atau berprasangka sesuai dengan penilaian kita.

Berpakain bagus itu salah satu bentuk ekspresi:

Pendapat lain yang  berbeda dari  sebelumnya . Dalam budaya  orang timur seperti Indonesia  yang mengganggp bahwa berpakaian bagus  itu sangat penting karena hal itu menunjukkan kepribadian Anda dan menunjukkan  siapa Anda.   Berpakaian baik juga suatu usaha untuk menciptakan kesan kepada orang lain supaya terjadi keterikatan. Keterikatan itu memudahkan  untuk melihat betapa pentingnya status sosial bagi Anda.  Sehingga Anda memutuskan berpakaian baik karena menganggap sebagai kunci untuk mendapatkan banyak kesempatan (kesan awal yang sangat impresif).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN