Mohon tunggu...
Ina Tanaya
Ina Tanaya Mohon Tunggu... Penulis Lepas, Blogger dan Bidang Sosial

Blogger, Penulis , Traveller

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

"Before The Flood", Peringatan Keras Leonardo DiCaprio untuk Indonesia

14 Agustus 2019   11:34 Diperbarui: 4 September 2019   16:25 0 3 3 Mohon Tunggu...


Anda pasti sudah sering mendengar  "Climate change" atau perubahan iklim?  Apakah perubahan iklim hanya terasa lebih panas atau lebih dingin dari sebelumnya?  Perubahan lebih panas atau lebih dingin dari tahun-tahun sebelumnya sudah sangat terasa di semua negara.     

Ternyata, secara sederhana pemahaman perubahan iklim itu  adalah  usia es yang mencair.    Perubahan iklim itu untuk perubahan jangka panjang dengan pola yang diharapkan dari iklim rata-rata setiap daerah,  dalam  jangka waktu  yang ditentukan.

Karena iklim makin panas, maka iklim akan merubah pola hujan, penguapan,  salju,  aliran sungai dan faktor-faktor yang mempengaruhi suplai dan kualitas air.  Dampak khusus yang dapat terlihat , temperatur air yang makin panas, mengakibatkan kualitas air dan polusi air yang makin cepat.

Penyebab global warming adalah gas dari  rumah kaca  uap air , yang menyebabkan sekitar 36-70% dari efek rumah kaca; karbon dioksida (C02), yang menyebabkan 9-26%; metana (CH4), yang menyebabkan 4-9%; dan ozon (O3),  yang menyebabkan 3-7%.

Awalnya, saya tak pernah  tertarik sama sekali dengan isu "Global Warming" karena saya berpikir hal itu hanya terjadi di negara yang jauh dari Indonesia . Bukan di Indonesia.

Namun, ketika melihat video yang diproduksi oleh National Geography  dengan Aktor utamanya adalah Leonardo  DiCaprio  dengan judul "Before the Flood",saya tertegun , hampir tidak bergeming sama sekali.   Dalam hati saya, "Sebegitu dahsyatnya!"  pemanasan global itu. 

Pantas saja perubahan iklim  sudah terasa mulai sekarang di tempat saya berada .  Jadi tidak perlu menunggu berapa lama akan terjadi global worming karena dunia dimana kita berada akan berubah secara total apabila kita tidak pernah mau peduli  untuk mengatasi penyebabnya.

"Climate change" merupakan suatu ancaman terbesar untuk masa depan dengan cara berkesinambungan , tetapi , saat yang sama,  kita mampu melihat  bagaimana kita mampu menghadapi perubahan iklim sebagai suatu kesempatan yang bagus apabila kita mengatasinya dengan benar dan konsisten.

Leonardo DiCaprio mengelilingi dunia  untuk menyaksikan sendiri dengan mata kepalanya  akibat dari climate change , apa yang dapat dikerjakan untuk  mendapatkan solusi dari krisis iklim.

Leonardo menemui pemimpin dunia , peneliti, politisi , pemimpin agama dan para vision , semuanya bekerja sama untuk menciptakan kesinambungan di masa depan. Para pemimpin yang ditemuinya adalah Ban Kim Moon, Barrack Obama, Pop France, John Kerry, Elon Musk, Sunita Naren.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x