Ina Tanaya
Ina Tanaya ibu rumah tangga

Blogger, Penulis , Traveller

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Artikel Utama

Kini Semarang Memiliki Bandara Baru yang Nyaman dan Megah

6 Juni 2018   15:37 Diperbarui: 7 Juni 2018   12:42 2234 5 1
Kini Semarang Memiliki Bandara Baru yang Nyaman dan Megah
Terminal Baru Bandara Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (1/6/2018).(KOMPAS.com/RIDWAN AJI PITOKO)

Kamis ini, 7 Juni 2018, Presiden Jokowi meresmikan Bandar Udara Ahmad Yani, Semarang yang baru.

Akhirnya Semarang akan memiliki sebuah bandara yang megah dengan luas 58,000 meter persegi di daerah rawa atau tambak. Bandara baru ini menggantikan bandara lama yang sudah tidak lagi layak untuk jumlah penumpang yang setiap tahunnya bertambah besar. Bandara baru ini diharapkan dapat memuat kapasitas penumpang 9 kali lipat dari yang lama, atau 19.000 penumpang per hari atau 6,9 juta penumpang per tahun (bandara lama hanya 800 ribu penumpang per tahun).

Travelling Yuk.com
Travelling Yuk.com
Pembangunan bandara ini dilakukan pertama-tama dengan pemancangan tiang hingga kedalaman 30 meter dengan alasan agar tidak berlebihan merusak ekosistem. Selain itu, bandaral ini akan mengusung konsep go green. Konsep go green ini terlihat dengan pemanfaatan unsur alam (angin dan air) sebagai pencahayaan dan pengatur alami suhu ruangan. Karenanya kita akan melihat bandara dengan kaca-kaca besar, tanaman-tanaman hidup, dan penggunaan AC yang lebih minimal.

metrotv.com
metrotv.com
Konsep go greenĀ ini terbukti dengan adanya pemandangan yang sangat transparan di waiting lounge. Penumpang saat menunggu pesawat dapat melihat dengan jelas kesibukan dan aktivitas di landasan, seperti pesawat yang berangkat dan datang, karena kaca-kaca bening dan lebarnya kaca sepanjang ruangan.

metrotv.com
metrotv.com
Di ruangan atas pun diadakan ruangan terbuka dengan tanaman yang dapat mengisap udara sehingga hawa. Selain itu pengujung dapat merasakan udara tepi laut, yang menjadi kekhasan Kota Semarang.

Terdapat 30 counter check-in yang dapat melayani penumpang. Konternya besar dan nyaman sekali. Diharapkan dengan banyaknya konter ini semua maskapai yang melayani rute ke Semarang dan ke luar dari Semarang dapat makin dapat menikmati kenyamanan ini. Ada rombongan pengusaha China yang sudah datang duluan sebelum pembukaan penerbangan menuju Semarang. Mereka ingin melihat potensi untuk mengadakan penjajakan. Di samping itu, ada dua maskapai asing seperti Malaysia dan Korea Selatan sudan mengincar untuk menjajaki pembukaan penerbangan menuju Semarang.

Joss.co.ID
Joss.co.ID
Tidak hanya bagi penumpang biasa, tapi juga dilengkapi untuk terminal khusus jemaah umrah, terminal kargo, dan maintenance. Siap dengan persaingan global untuk pelayanan penumpang maupun kargo.

Fasilitas yang sangat menggembirakan bagi penumpang adalah dengan adanya internet gratis di terminal Bandara Ahmad Yani. Setelah melewati pemeriksaan Security Check Point (SCP2) menuju ruang tunggu keberangkat penumpang.

Saat menuju ruang tunggu, penumpang dapat menemukan internet corner di meja menempel pada salah satu pilar di ruang tunggu itu. Tentu layanan internet gratis itu situs internetnya sudah difilter oleh pihak manajemen Angkasa Pura sehingga penumpang tidak bisa membuka situs-situs terlarang. Saat ini tersedia hanya satu unit komputer saja tetapi nantinya akan ditambahkan untuk free internet corner tersebut.

TribuneNews.com
TribuneNews.com
Denah terminal pun telah disiapkan sehingga dapat membantu penumpang agar tidak tersesat di Bandara Ahmad Yani. Denah dan map serta petunjuk mengenai tata letak tempat yang ada di lingkungan terminal terbagi dalam 3 titik area. Titik pertama berada di depan terminal keberangkatan penumpang, titik kedua berada pada tempat penumpang melewati zona SCP2, dan titik ketiga berada di terminal kedatangan penumpang.

Semoga Bandara Ahmad Yani yang baru dan megah ini dapat mengakomodasi semua kebutuhan pemudik pada hari lebaran ini. Pemudik dengan nyaman disambut dengan bandara baru dengan layanan yang prima dan nyaman.

Semarang siap menyambut kedatangan pemudik dengan semua fasilitasnya.