Mohon tunggu...
Ina Tanaya
Ina Tanaya Mohon Tunggu... Penulis - Ex Banker

Blogger, Lifestyle Blogger https://www.inatanaya.com/

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Pengin Dibidik oleh Brand Terkemuka, Yuk Belajar SEO Content

7 Maret 2018   14:10 Diperbarui: 7 Maret 2018   14:18 942
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dealerauthority.com

Belajar SEO Content sudah wajib bagi penulis.  Blogger zaman "now"  harus beda dengan blogger zaman dulu. Loh kenapa harus beda?   Sekarang brand melirik blogger yang memiliki tulisannya sudah terindex oleh Google dan sangat ramah buat pembacanya.  Lirikan para brand pun terus terang membuat para blogger tidak bisa menulis semau gue saja.

Menulis dengan keinginan sendiri sendiri tanpa mengenal kaidah-kaidah yang sudah diatur oleh google membuat kita terhengkang dari edaran google.  Tulisan blog kita tidak bisa kita temukan di SERIP atau di page 1 sampai 10 dari Google,  mungkin masuk hanya di halaman belakang saja.

Kalau sudah hengkang dari google, maka tidak ada seorang pun yang melirik tulisan kita dan tinggallah kehidupan seorang penulis yang tak punya pembaca maupun tak punya masa depan karena zaman "now"  parameternya tulisan harus serba SEO. 

Untuk bisa SEO,  salah satu syaratnya adalah memperhatikan SEO Content.

Penting sekali diingat bahwa kita sebagai penulis tentunya bukan menulis untuk sekedar  hanya  membuang "uneg-uneg pribadi atau curcol pribadi".  Tetapi tujuannya pasti ingin agar terindex oleh Google. Terindex artinya  tulisan kita masuk ke dalam index google dan berguna atau bermaanfaat bagi pembacanya.   Tulisan curcol hanya untuk pribadi sendiri sedangkan tulisan yang berguna adalah untuk kepentingan semua pembacanya .  Isinya sangat bersahabat , tidak untuk hasutan, kekesalan atau komplain pribadi.

Tulisan yang dibuat dengan tujuan agar pembaca mendapatkan manfaatnya. Pembaca dianggap sebagai manusia yang mengetahui apa manfaatnya membaca tulisan kitae menggunakan mesin agar tulisan terindex. Namun, sekarang ini sudah berubah, Google justru mengenal tulisan kita jika tulisan itu bermanfaat bagi manusia.   Manfaat itu dilihat dari segi mutunya dan panjangannya tulisan harus paling sedikit 1000 kata.

Syarat-syarat untuk membuat SEO Content:

  • Artikel 1.000 kata
  • Pilih Tema
  • Cari keyword
  • Judul yang menarik
  • Upload Gambar
  • Meta Discription
  • Internal link dan eksternal link
  • Gunakan bold dan heading

Ternyata berat yach untuk sebuah tulisan yang ber "SEO".  Pertama kali saya mendengar syarat-syarat ini, secara pribadi, saya hampir putus asa. Pengin tulis kok harus memenuhi banyak kaidah yang begitu banyaknya.  Bayangkan jika kita tidak mengikuti salah satu dan membuat tidak terindex. Sayang sekali bukan.  Kompetitor begitu besar, jadi kita ngga bisa main-main sekarang. Ayo sekarang kita mulai belajar bagaimana dan apa SEO Content Article.

Berikut ini adalah  SEO Tips for Content writing:

ARTIKEL 1000 KATA:  

Ini suatu tantangan berat sekali. Menulis itu ternyata harus dengan banyak referensi, survei dan opini.  Jika menulis asal menulis saja, tidak akan panjang dan tidak ada maknanya. Cari sumber referensi, survei dan sebagainya.

TEMA

Memilih tema itu juga harus perlu diperhatikan sebagai berikut ini:

  • Berita yang sedang populer (opini terhadap kehidupan kita, jangan nyinyir).
  • Sesuatu yang sedang dialami (catatan perjalanan, catatan harian).
  • Opini

MENCARI KEYWORD:

Ada tehnik yang perlu kita cermati dalam pencarian keyword.  Beberapa contoh dengan menganalisa di beberapa situs seperti berikut ini:

  • Keyword.id
  • Keywordtool.io
  • Google adwords
  • Add on

Tidak perlu mencari keyword dengan jumlah view yang besar, karena jumlah view besar artinya saingan pun makin besar.

Ada dua jenis dari keyword.   Yang pertama Keyowrd Utama dan yang kedua adalah longtail Keyword .

 Keyword utama :

  • harus diletakkan di Judul,
  •   paragraf pertama kalimat pertama, di tengah artikel dan di paragraph terakhir

Longtail keword,:

  • bisa disisipkan dimana saja, terdiri lebih dari satu kata.
  • Sebagai arah pembahasan artikel.
  • Tidak usah ditulis sesering keyword utama
  • Longtail keyword sudah otomatis keyword utama

Contoh :

Keyword utama                                             Longtail keword

Kacamata                                                          Kacamata minus

Jerawat                                                              Bekas jerawat

Senam                                                              Senam Aerobik

Ada hal lain yang perlu diperhatikan selain keyword utama, longtail keyword, juga  Latent Semantic Indexing (LSI)

LSI --------------------   Google

Persamaan kata atau kalimat yang terindeks oleh Google.

Keyword Semantik :  adalah kata-kata yang sama, tetapi ada tambahan

Contoh:

SUSU IBU HAMIL                                       SUSU PERTUMBUHAN

  • Nutrisi ibu hamil                              o Susu anak
  •  Susu ibu Menyusui                          o Susu pertumbuhan anak
  •  Nutrisi ibu menyusui                      o Susu anak terbaik

JUDUL YANG MENARIK

  • Harus mengandung keyword
  • Pilih kata-kata yang menarik  (contoh:  Jangan Hanya Membuat, Ayah Juga Harus Pandai Merawat Bayi)

Paragraph pertama adalah paragraf yang menentukan bagi pembaca untuk meneruskan membaca atau tidak .  Faktor penentu itu membuat kita harus mencoba untuk menulis semenarik mungkin.

UPLOAD  FOTO:

Ada dua hal yang merupakan syarat agar foto kita bisa jadi terindex oleh Google:

  • Foto Sendiri
  • Rename (Keyword, nama blog)  contohnya  keyword : ayam, nama blog saya inatanaya maka rename foto yang akan kita save itu dengan nama  ayam-inatanaya
  • Jangan ambil foto dari web gratis tanpa lisensi,  jika terpaksa harus beri sumbernya di caption
  • Untuk memperkecil ukuran foto dapat dilihat di compress.image.com

META DESCRITPION:

  • Membuat ringkasan kata sebanyak 156 karakter
  • Harus mengandung keyowrd
  • Menarik orang untuk mencarinya

INTERNAL LINK DAN EKSTERNAL LINK :

Gunanya untuk meningkat pengunjung dan meningkatkan bounch ratedan average time agar pengunjung betah di artikel yang sedang bacanya.

  • INTERNAL LINK:    sebaiknya ada 6 paling sedikit
  • EXTERNAL LINK:    diletakkan di akhir paragrah

GUNAKAN BOLD DAN HEADING:

Untuk Sub Title:

  • Paragraf pertama di bold (semuanya).
  • Sub title dengan menggunakan HEADING 3 

STRUKTUR ARTIKEL:

Setiap artikel selain harus berbobot , berkualitas, bermanfaat, perlu juga terstruktur dengan elemen-elemen berikut ini:

  • Pembuka
  • Pengalaman
  • Informasi
  • Pengakuan
  • Tips:    berdasarkan apa yang dialami oleh penulisnya Contoh:  http://nunikutami.com/hidup-sehat-dan-bahagia-tanpa-narkoba.html
  • Gunakan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) dengan akses https://kbbi.kemendikbud.go.id/
  • Contoh:  kata yang benar adalah kedaluwarsa;  praktik
  • Di /ke + keterangan tempat  = selalu dipisahkan  di rumah;   ke Jakarta
  • Partikel pun - harus dipisah kecuali berikut ini
  • Maupun, kalaupun, ataupun, meskipun,adapun,bagaimanapun, sunggguhpun, andaipun, kendatipun, walaupun,biarpun,sekalipun
  • Naik = ke atas
  • Turun:  ke bawah
  • Maju  :   ke depan
  • Mundur:  ke belakang
  • Masuk:  ke dalam
  • Keluar :  ke luar

Belajar SEO Content ternyata ngga mudah yach!  Semua yang sulit dimulai dengan latihan. Apa pun sulitnya, jika dimulai dengan rajin berlatih, maka akan sempurna. Suatu latihan kecil yang dilakukan secara rutin akan menghasilkan hasil yang sempurna. Sayang saya masih belum bisa berhasil.  "Training make us Perfect"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun