Ina Tanaya
Ina Tanaya ibu rumah tangga

Blogger, Penulis , Traveller

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Menyambut Tahun Baru dengan Laptop Baru

11 Januari 2018   08:25 Diperbarui: 11 Januari 2018   09:34 481 1 0
Menyambut Tahun Baru dengan Laptop Baru
shutterstock

Banyak tawaran yang gegap gempita menghambur di awal tahun.  Ada sekian ribuan iklan online baik itu melalui newletter maupun SMS datang tanpa diundang.  Namun, dari sekian banyak itu tak ada tawaran tentang  laptop baru.  Padahal aktivitas penggunaan gawai sangat meningkat.  

Mereka yang ingin membeli laptop untuk meningkatkan kinerja agar lebih prima, maka saatnya untuk mencari laptop baru menggantikan yang lama.    Kemungkinan yang lama kinerjanya sudah tidak memadai.

Menunggu promosi ponsel pintar, Laptop sampai ada terlalu lama menunggu karena laptop atau komputer jinjing ini terus melakukan pembaharuan terus menerus.  Pembaharuan baik dari segi sisi kinerja, ketahanan baterai, dimensi dan bobotnya.  Belum lagi untuk melihat persaingan antara laptop yang produknya sama canggihnya. 

Pertanyaan yang sering jadi ganjalan adalah Laptop yang ingin dibeli seperti apa dan bagaimana kita harus pertimbangkan. Pertimbangan bagus tidaknya sebuah produk hanya bukan dilihat dari design semata tapi juga tingkat kebutuhan laptop dengan jeroan biasa-biasa saja bagi calon pembeli.

Bagi seorang yang hanya ingin menggunakan laptop sekedar untuk jadi penulis,  mengetik naskah dan berinternet,  sebaiknya  tak perlu mencari  laptop yang canggih maupun yang uptodate  dengan jeroan yang punya spesifikasi yang hebat.

Lain halnya untuk seorang desainer grafis, atau gamers yang membutuhkan prosessor dan kartu grafis yang lebih oke untuk mengolah data visual atau memainkan gim-gim tiga dimensi.

Mereka ini selayaknya memilih  laptoh jauh lebih andal . Misalnya memiliki layar lebih besar,minimal 15 inci. Prosesornya pun sudah menggunakan versi baru, setidaknya Intel Core i7 atau sekelasnya. RAM sebesar 8 GB dengan hard disk berkapasitas 1TB cukup unuk mengolah data jauh lebih kompleks dari sekedar membuat presentasi atau mengetik laporan.  Gunakan kartu grafis dengan memori 2GB .

Buat seorang mahasiswa yang membutuhkan komputer untuk mengetik atau mengerjakan tugas kuliah, hingga browsing mencari data, dapat membeli laptop standar yang tidak terlalu besar atau berat. Harganya yang bersahabat, persaingan keras dalam dunia lapotop membuat produk andal dengan harga yang agak lebih miring.

Kembali bagi mereka yang butuh spesifikasi untuk processor, RAM (Random access memory),  komponen yang terpenting pada sebuah laptop.   Dengan kapasitas RAM yang besar maka kerja multitasking pun dapat dilakukan CPU (central processing unit) dengan cepat dan maximal.

RAM 2GB atau 4GB cukup bagi mereka yang menggunakan laptop hanya untuk mengetik atau bermain internet dan tugas ringan seperti presentasi, tugas ringan lain dan mengedit foto secara wajar.  Pertimbangan lain harus tetap mempertimbangkan versi dari aplikasi yang digunakan, masing-masing memiliki perbedaan kebutuhan akan memori.

Mengumpulkan informasi dari design dan mereka laptop jadi pertimbangan tersendiri agar lebih nyaman ketika mengoperasikan.  Setelah mengumpulkan data sebanyak-banyaknya tentang desain bodi dari merek-merek laptop yang dijadikan pilihan.  Dan jangan lupa tentang bobot laptop juga diperhatikan agar kenyamanan saat kita membawa perangkat tersebut.

Layanan purnajual termasuk garansi jangan diabaikan. Pilihlah mereka yang memberikan garansi waktu yang lama dan layanan servis mudah dijangkau.   Juga dengan resale value.   Pertimbangkan memberli merek ternama yang memiliki nilai jual kembali yang baik sehingga ketika sudah tidak digunakan lagi, harga jualnya masih masuk online.

 Pembelian secara online pada saat diskon memang sangat menggiurkan. Namun, tetap diperhatikan agar tidak kecewa untuk membeli laptop yang benar-benar berkualitas seperti yang diinginkan sebaiknya  memeriksa dulu  di toko offline merek, spesifikasinya, RAM, dan lainnya apakah suadah sesuai dengan kebutuhan kita sebagai pemakai laptop.

Selamat mencari laptop baru !