Mohon tunggu...
Ina Tanaya
Ina Tanaya Mohon Tunggu... Penulis - Ex Banker

Blogger, Lifestyle Blogger https://www.inatanaya.com/

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Suka Duka Bersama Kompasiana

24 Oktober 2017   19:32 Diperbarui: 25 Oktober 2017   11:45 801
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Semarak Ulangtahun Kompasiana yang ke-9 ini  sangat berarti buat diri saya.    Perjalanan saya bersama dengan Kompasiana baru menginjak usia yang ke- 5 tahun karena saya jadi anggota Kompasiana sejak tahun 2012.  

Dalam usia yang sangat relatif singkat saya sudah mendapatkan banyak pengalaman, kenangan yang sangat berkesan .  Setidaknya  ada  beberapa momen yang saya ingat dan rasakan sebagai suatu perjalanan saya untuk jadi penulis bersama dengan Kompasiana.

Dunia blogger memang baru saya kenal saat saya masuk ke Kompasiana.  Jadi belum membayangkan bagaimana jadi blogger di sebuah platform besar kecuali di blog sendiri yang jauh berbeda dalam bidang penulisan.    Di blog bisa menulis apa saja, tetapi di Kompasiana saya harus mencari tulisan yang bermanfaat dan berbobot dan berkualitas serta mengikuti kaidah dan peraturan dari Kompasiana.    

Ketika saya jadi anggota pada tahun  2012,  saya  hanya sebagai "silent reader" yang melihat kegiatan semua penulis dan rajin membaca tanpa menulis .  Hasilnya produktivitas saya sangat minim. Apalagi saya masih bingung mau nulis apa yach?  Jika di blog sendiri saya merasa lebih bebas karena tidak ada beban walaupun tak ada pembaca maupun komentar.  Nach di Kompasiana , saya merasakan beban berat karena merasa "minder" yang berlebihan menyangka semua penulis di Kompasiana sudah sangat handal.

Ngga sangka, begitu suatu kali saya ikut pertama kali workshop yang diadakan oleh Kompasiana dengan topik "Rahasia Menulis Kreatif ala Mas Isjet",  di sini kebangkitan saya untuk semangat menulis mulai tumbuh.

Momen-momen penting yang saya alami saat bersama dengan Kompasiana adalah sebagai berikut:

Interaksi yang kuat dengan para Kompasianer:

dokumen pribadi
dokumen pribadi
Saya yang baru pertama kali ikut Kompasianival di tahun 2015 , senang banget bertemu dengan teman-teman yang hanya saya kenal lewat dunia maya.  Ada suatu rasa kebersamaan yang mengikat kami sebagai penulis dalam wadah yang besar "Kompasiana".   Di sini foto kebersamaan kami.

Jadi netizen jurnalis yang meliput acara "Jazz Gunung Bromo Pesta Merdeka di Puncak Jazz Raya"

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Kaget bukan main mendapat tawaran yang sangat mendadak dari Admin Kompasiana untuk meliput suatu acara.  Terus terang belum ada pengalaman untuk penulisan reportase .  "Saya pikir, tidak mau meninggalkan kesempatan yang belum tentu  datang untuk  kedua kalinya". Tulisan ini ada disini.

Tulisan masuk kategori "Headline"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun