Mohon tunggu...
Hamry Gusman
Hamry Gusman Mohon Tunggu...

Motivator Revolusi Mental

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

5 Rahasia Karyawan Bisa Naik Gaji dan Jabatan Setiap Tahun

19 Januari 2016   00:44 Diperbarui: 18 Juli 2019   13:21 0 6 2 Mohon Tunggu...
5 Rahasia Karyawan Bisa Naik Gaji dan Jabatan Setiap Tahun
Ilustrasi naik gaji (thinkstock photo)

Siapa yang mau gajinya dinaikkan setiap tahun? Sepertinya hampir semua karyawan yang membaca artikel ini angkat tangan.

Siapa yang mau jabatannya juga naik setiap tahun? Dan hampir pasti semuanya kembali mengacungkan jarinya.

Tapi, tunggu dulu.....bagaimana mungkin setiap tahun kita bisa mendapat kenakan gaji dan jabatan? Bukankah persaingan kini semakin ketat? Dan semakin keatas, posisi yang diperebutkan semakin sedikit, sebagaimana piramida bukan?

Ya, betul sekali. Justru itu, kali ini akan saya bongkar bagaimana lima (5) rahasia karyawan bisa naik gaji dan jabatan setiap tahunnya:

1. Menentukan Target Hasil yang Lebih Tinggi

Jika atasan meminta Anda untuk menyelesaikan suatu tugas dalam waktu 7 hari, maka cobalah Anda menyelesaikannya dalam waktu 5 hari atau kurang. Jika atasan meminta Anda meningkatkan penjualan pada cabang Anda, sebesar 20 persen, cobalah Anda berusaha mencari 1.001 cara agar penjualan bisa meningkat sebesar 30 persen. 

Jika Anda diminta menjadi panitia suatu event, dengan target mendatangkan 100 customer baru, maka dengan dana yang sama, cobalah membuat agar event itu dihadiri oleh 200 calon customer

Jika Anda selalu berkata “Ah, tidak mungkin “ atau “Susahlah” atau “Ngapain saya cape-cape kerja di atas target Bos?” atau “Wah, muluk-muluk amat target?” maka berarti Anda kurang serius dalam mewujudkan keinginan Anda, untuk mendapatkan kenakan gaji dan jabatan setiap tahunnya. Ayo semangat, jika Anda memiliki 1.001 impian, maka akan datang 1.001 cara.

2. Mendelegasikan Pekerjaan/Bekerja Sama

Tidak ada manusia yang super hebat, yang serba bisa melakukan semua pekerjaan di dunia ini, untuk itu kita harus bekerjasama dengan orang lain. 

Rahasia kesuksesan Jack Welch, CEO General Electric (GE), yang diberi gelar “CEO of The Century” yang berhasil meningkatkan market value GE, dari US$14 miliar, menjadi US$ 410 miliar, pernah berkata: “Tugas utama saya setiap hari adalah berkeliling dunia, untuk mencari orang-orang terbaik, untuk membantu pekerjaan saya”.

Jadi jika Anda ingin menggapai kesuksesan yang lebih cepat dalam karier Anda, maka belajarlah dengan orang-orang yang sudah berpengalaman di bidangnya, bekerjasamalah dengan mereka, seraplah ilmu mereka, dan delegasikanlah pekerjaan Anda kepada tim Anda, baik kepada teman dan bawahan Anda. Buatlah sistem kerja yang jelas, buatlah tim yang hebat dan mandiri.

Jangan takut ilmu Anda akan tersaingi, justru jika Anda berhasil “menciptakan” orang lain untuk menjadi hebat, maka Andapun akan terangkat menjad hebat.

3. Mengambil Tanggung Jawab Lebih

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3