Mohon tunggu...
Eki Tirtana Zamzani
Eki Tirtana Zamzani Mohon Tunggu... Pendidik yang mengisi waktu luang dengan menulis

Guru yang mengajar di kelas diperhatikan oleh 25-30 siswa, apabila ditambahi dengan aktivitas menulis maka akan lebih banyak yang memperhatikan tulisan-tulisannya. ekitirtanazamzani.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Sukses Bukan Selalu Apa yang Kamu Lihat

27 Agustus 2019   00:48 Diperbarui: 27 Agustus 2019   01:33 0 4 1 Mohon Tunggu...
Sukses Bukan Selalu Apa yang Kamu Lihat
Instagram teka-teki hidup

Kesuksesan dalam hidup menjadi dambaan setiap orang. Kita biasanya menilai orang itu sukses saat memiliki banyak uang. Tentu uang berasal dari pekerjaaan. Kesuksesan dapat diraih dengan memiliki pekerjaan yang mapan. Sehingga bisa memiliki rumah yang besar dan punya istri yang sholehah dan cantik. Boleh jadi itu yang dinamakan kesuksesan yang di idam-idamkan bagi kaum lelaki.

Banyak dari kita yang menilai kesuksesan berasal dari pekerjaan. Seperti saat kita bisa diterima menjadi PNS atau menjadi pengusaha sukses. Selain itu sukses bisa disematkan kepada mereka yang bekerja di perusahaan-perusahaan swasta besar atau menjadi karyawan BUMN. Nilai kesuksesan seseorang yang lebih ditonjolkan oleh masyarakat saat ini berasal dari kemampuan finansial yang lebih.

Jika kita ingin menjadi siswa yang sukses yakni saat kita bisa menduduki peringkat pertama. Kita bisa menguasai berbagai mata pelajaran dan menjadi bintang kelas. Hal itu dapat diperoleh dengan cara kerja keras yakni rajin belajar tanpa mencontoh pekerjaan teman. Sekolah merupakan langkah awal untuk bisa menggapai kesuksesan di kehidupan yang akan dijalani saat dewasa.

Menurut suatu penelitian yang di lakukan oleh peneliti di UGM Yogyakarta. Faktor yang mempengaruhi kesuksesan seseorang dalam hidup adalah kejujuran, kedisiplinan, dan untuk kecerdasan bukan menjadi faktor utama penunjang kesuksesan. Kecerdasan menjadi faktor yang kesekian untuk mencapai  suatu kesuksesan.

Pengertian kesuksesan menurut saya adalah adalah saat kita bisa menyelesaikan suatu pekerjaan yang telah diberikan kepada kita dengan tepat waktu. Misal : jika kita menjadi guru, guru yang sukses adalah saat anak didiknya pandai dan berakhlak yang baik. Bagi pekerja kantoran, saat mereka bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik dan tepat waktu. Bagi pekerja cleaning service, saat tempat yang tadinya kotor dan berbau dengan jasanya tempat itu menjadi rapi dan harum sehingga enak dipandang oleh orang lain. Hal itu adalah menurut saya arti kesuksesan seseorang dalam bekerja dari berbagai bidang pekerjaan.

Jika kita ingin sukses di dunia maka muliakanlah kedua orang tua kita. Kita menganggap kedua orang tua sebagai Raja. Kita layani beliau berdua. Kita cukupi kebutuhannya. Kunjungilah beliau berdua saat kita punya waktu luang setelah bekerja. Hal ini karena didalam tubuh kita ada makanan yang menyebabkan tubuh kita bisa tumbuh dari kecil hingga dewasa. Makanan itu tentu berasal dari keringat bekerja ayah kita. 

Ada juga air susu ibu di tubuh kita sehingga sewaktu kecil kita bisa bertahan hidup. Saat makanan belum bisa menjadi kebutuhan tubuh kita saat bayi.
Kemudian jika kita ingin sukses di akhirat hormatilah guru-guru kita. Hal ini berasal dari ucapan atau tulisan dari almarhum Kiai Haji Maimun Zubair.

Kejujuran itu disukai banyak orang. Saat kita berbuat jujur maka kita mendapatkan kemulyaan di mata orang lain. Dengan kejujuran kita akan mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Jika kita menjadi pedagang bisa menjadi pedagang yang jujur. Berbicara apa adanya sesuai dengan barang yang akan dijual. Hal inilah yang akan membuat orang lain puas saat berbisnis perdagangan dengan kita. Sehingga jika mereka membutuhkan barang itu lagi maka bisa menghubungi kita kembali.

Disiplin merupakan konsisten. Nama lainnya adalah istiqomah. Saat kita melakukan sesuatu hal yang berkelanjutan. Contoh : dalam keluarga saya, Ayah saya berternak burung kenari. Ternak ini sudah dilakukan sekitar setahun yang lalu. Beberapa kali ternak burung kenari gagal. Waktu itu sudah bertelur namun tidak berhasil menetas. Kini ternak burung kenari ayah saya bisa berhasil. Sepasang burung kenari bertelur dan berhasil menetaskan anak-anak burung. Setelah beberapa bulan burung itu mengalami pertumbuhan dan menjadi burung dewasa. Sehingga ada pembeli yang tertarik untuk membelinya. Alhamdulillah. Satu burung kenari dihargai Rp.350.000,00

Kesuksesan yang abadi adalah di akhirat. Suatu tempat tinggal kita di akhir hayat nanti. Bagaimana kita bisa dimasukkan Allah SWT ke surga yang penuh dengan kenikmatan. Kita harus menghormati guru. Guru adalah penuntun kita setelah orang tua. Beliau adalah yang mengajar kita dengan penuh semangat. Agar kita menjadi manusia yang berguna untuk keluarga, dan lingkungan sekitar kita. Jasa-jasa dari guru kita perlu kita kenang. Bagi guru-guru kita yang telah tiada bisa kita do'akan setelah shalat lima waktu.*Aamiin

* Artikel ini pengembangan dari nasihat upacara hari Senin oleh Pak Zudur, Guru Mi Darul Huda kota Mojokerto

Salam,

Eki Tirtana Zamzani

Mojokerto, 27 Agustus 2019

KONTEN MENARIK LAINNYA
x