Mohon tunggu...
Eki Tirtana Zamzani
Eki Tirtana Zamzani Mohon Tunggu... Guru - Pendidik yang mengisi waktu luang dengan menulis

Guru yang mengajar di kelas diperhatikan oleh 25-30 siswa, apabila ditambahi dengan aktivitas menulis maka akan lebih banyak yang memperhatikan tulisan-tulisannya. ekitirtanazamzani.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Penyakit Hipertensi Bisa Menyebabkan Penderita Mengalami Gagal Jantung

15 September 2018   00:30 Diperbarui: 15 September 2018   00:40 631
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Teka-teki penyakit yang saya alami mulai terjawab sudah. Pada hari Kamis (13-09-2018), petugas dari puskesmas Kedundung kota Mojokerto mengunjungi warga. Bukannya tanpa tujuan, mereka datang ke rumah-rumah warga untuk mengecek (memeriksa) kesehatan warga Kedundung kota Mojokerto.

Setelah pulang dari mengajar di sekolah. Saya diperiksa oleh dokter dari puskesmas. Beliau memeriksa kadar gula dan tekanan darah pada diri saya. Wajahku terasa pucat sebelum diperiksa. Berbagai ketakutan tiba-tiba muncul dibenakku. "jangan-jangan saya terkena penyakit diabetes militus (DM)?" gumamku dalam hati. Hal ini bukannya tanpa alasan. Karena gejala yang sering saya alami yakni sering buang air kecil dan mudah haus.

Sebelum diperiksa, saya bilang ke dokter mengenai gejala yang telah saya alami selama ini. Beliau bilang kalau tidak semua yang sering kencing itu penyakit DM. Saya diperiksa oleh dokter puskesmas di ruang tamu. Waktu itu ada ibu dan perwakilan warga yang ditunjuk puskesmas. Saya takut sekali jika dokter langsung mengasih kabar penyakit yang aku derita saat ada ibu. "Bagaiamana ini?" Ibu nanti jelas memikirkan kesehatanku.

Pertama-tama saya diperiksa tekanan darah terlebih dahulu. Waktu itu tekanan darah menunjukkan angka 140/80. "Mas tekanan darah anda tinggi lho?" Kata dokter. "Mas jangan terlalu banyak mikir murid-muridnya di sekolah dan jangan tidur terlalu larut malam". Jaga selalu kondisi kesehatanya ya mas" Saran dokter kepada saya. Saya pun menjawab, "iya Bu"

Saya pun mencari informassi tekanan darah 140/80. Artinya adalah sistol sebesar 140 mmHg dan diastol 80 mmhg. Tekanan sistol adalah waktu darah keluar jantung. Sementara tekanan diastol adalah waktu darah masuk ke jantung. Pada orang dewasa yang sehat tekanan arteri = 120/80. (hlm. 90 buku Biologi SMA kelas XI Penerbit Erlangga tahun 2006)

Yang saya takutkan selama ini yakni penyakit DM telah ada ditubuh ternyata tebakan saya salah. Malah kadar gula di dalam darah saya yang turun sekita 87. Cara mengeceknya telunjuk saya ditusuk dengan jarum. Setelah itu darah dimasukkan kedalam suatu alat. Hasilnya pun segera muncul.

"mas yang sering minum air gula ya!" biar kadar gula dalam darah masnya bisa naik. Kata dokter dengan senyuman "Iya bu siap" jawab saya kemudian.

Saya memang lagi mengurangi porsi untuk meminum minuman yang manis-manis. Karena saya takut terkena penyakit DM. Suatu penyakit mematikan yang ditakuti oleh banyak orang saat ini.

Bahaya Tekanan Darah Tinggi (hipertensi)

Hipertensi yang lebih dikenal dengan penyakit tekanan darah adalah suatu keadaan tekanan darah seseorang yang lebih tinggi dari tekanan darah normalnya. Tekanan darah normal 120/80 mmHg. Orang yang menderita hipertensi biasanya mengalami gejala susah tidur dan sakit kepala. (hlm.170 buku Biologi SMA kelas XI penerbit facil)

Gejala sakit kepala yang sudah saya alami beberapa hari ini. Saya mengiranya hanya masuk angin biasa lalu diberi obat generik sudah sembuh. Ternyata saya terkena penyakit hipertensi. Ibu langsung bilang hati-hati lho ya penyakit darah tinggi itu ada hubungannya dengan jantung. Selain itu penyakit itu juga bisa merambah ke penyakit lain seperti struk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun