Mohon tunggu...
Eki Tirtana Zamzani
Eki Tirtana Zamzani Mohon Tunggu... Pendidik yang mengisi waktu luang dengan menulis

Guru yang mengajar di kelas diperhatikan oleh 25-30 siswa, apabila ditambahi dengan aktivitas menulis maka akan lebih banyak yang memperhatikan tulisan-tulisannya. ekitirtanazamzani.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Ingin Lolos SBMPTN! Ini Tipsnya...

15 Juli 2017   09:42 Diperbarui: 15 Juli 2017   09:48 861 0 0 Mohon Tunggu...

Pendidikan yang berkualitas akan menciptakan lulusan yang siap bersaing di tingkat nasional. Lulusan SMA nanti akan berebut kursi masuk universitas diseluruh tanah air. Butuh tips dan cara belajar yang baik untuk bisa menjadi pemenang dalam seleksi masuk universitas secara nasional. Persiapan itu mulai dari kesiapan belajar, kondisi fisik/tubuh siswa, mental/psikis dan juga spiritual.

Ada beberapa jalur untuk bisa masuk di universitas negeri. Pertama, Jalur SNMPTN merupakan jalur seleksi melalui  nilai raport siswa waktu SMA. Jalur SNMPTN tidak di tarik biaya bagi peserta. Kedua, jalur tes secara nasional yaitu SBMPTN. Peserta dikenakan biaya pendaftaran. 

Ketiga jalur mandiri. Untuk jalur mandiri biasanya dibedakan lagi menjadi dua jenis. Pertama, peserta mengikuti tes lagi yang soal-soalnya berasal dari kampus yang akan di tuju. Kedua, nilai tes SBMPTN digunakan untuk seleksi pada jalur mandiri.

Sebelum tes, penulis akan menyebutkan mata pelajaran apa saja yang akan di ujikan pada tes masuk universitas negeri. Pelajaran itu meliputi TPA (tes potensi akademik), Matematika dasar, bahasa indonesia, bahasa inggris, dan mapel-mapel jurusan IPA atau IPS yang akan diambil ketika kuliah.

Persiapan Belajar Sejak Jauh-jauh Hari

Untuk bisa lolos tes diperlukan kesiapan fisik dan mental. Sebelum tes siswa bisa mengikuti les dibimbel untuk program masuk universitas. Kelebihan dengan les dibimbel adalah siswa cukup mengikuti program bimbel dengan tetatur. Tutor yang akan mengatur metode belajarnya dan cara menjawab soal dengan cepat. Kelemahan les dibimbel adalah membutuhkan biaya yang lebih.

Bagi siswa yang tidak bisa les dibimbel karena kendala biaya bisa belajar sendiri dirumah. Siswa bisa membeli buku pelengkap tes masuk PTN. Untuk itu siswa bisa belajar dengan cara mendalami materinya pada tiap bab. Buku itu bisa dibeli di toko buku dengan rincian biaya sekitar Rp 300.000,00. Dengan uang tersebut kita bisa membeli buku-buku tiap mapel yang akan diujikan pada tes SBMPTN.

Pengalaman saya dulu mendapatkan tips ini dari blog di internet. Blog itu berdasarkan pengalaman seorang penulis yang berhasil menembus ITB melalui jalur tes SPMB. Buku yang harus dibeli adalah kumpulan soal tiap pelajaran dan pembahasannya. Soal-soal itu harus dikelompokkan sesuai dengan bab-babnya. Sehingga dalam belajarnya kita bisa mendalami materi pada masing-masing bab.

Untuk pelajaran eksakta, siswa bisa membeli buku tambahan yaitu kumpulan rumus. Buku berukuran saku banyak beredar di toko buku. Cara belajarnya siswa mengerjakan soal tersebut tanpa melihat pembahasannya terlebih dahulu. Soal tersebut dikerjakan sebisanya. Siswa boleh melihat rumus yang akan dipakai untuk mengerjakan soal. Bila sudah dilakukan langkah tersebut namun masih saja tidak bisa. Maka siswa boleh melihat pembahasannya.

Ketika tes sudah semakin dekat. Siswa bisa membeli buku kumpulan soal SBMPTN yang terdiri dari pelajaran yang diteskan pada lima tahun terakhir. Siswa bisa melihat statistik soal yang muncul pada lima tahun terakhir Tes SBMPTN dilaksanakan. Soal-soal dengan tingkat kemunculan lebih sering bisa untuk diprioritaskan untuk dipelajari.

Oh ya jangan lupa untuk mengikuti simulasi tes sbmptn. Tes simulasi bisa dilakukan secara mandiri. Dengan cara mengerjakan soal-soal yang diujikan sesuai dengan waktu yang dibutuhkan. Setelah selesai kemudian mengjitung nilainya. Dan mencocokkan dengan passing grade jurusan yang kita minati pada tahun sebelumnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN