Mohon tunggu...
denni irawan
denni irawan Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Manager atau Leader ??

6 Agustus 2015   13:41 Diperbarui: 6 Agustus 2015   13:41 169
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebagai pemilik perusahaan besar atau kecil, seringkali dihadapkan dengan berbagai permasalah atau diharuskan mengambil putusan penting sewaktu-waktu . Seiring perjalanan waktu dan pengalaman tentunya Kita makin bisa menentukan prioritas masalah dan mengalokasi  SDM untuk menghadapi kondisi tersebut . Sebagai bisnis owner pasti lebih fokus menentukan visi perusahaan secara keseluruhan, dan mungkin mempercayakan posisi manajemen kepada staff Anda.

 

 

Tugas seorang pemimpin adalah menentukan visi dan  memastikan setiap staff memahami dan mempunyai tujuan yang sama. Sayang sebagai pemimpin terkadang  lupa akan proses bisnis yang ada, dan terkadang sering menetapkan tujuan, kebijakan atau bahkan pengembangan bisnis perusahaan yang tidak realistis .

Pemimpin perlu tahu bagaimana para staff bekerja dan kendala yang mungkin  timbul serta cara staff memikirkan solusi. Staff diizinkan untuk memberikan ide-ide atau masukan untuk perkembangan perusahaan . Perlunya pertemuan adalah salah satu cara bagi pemimpin untuk mengidentifikasikan apakah tim Anda memiliki prioritas yang sejalan dengan perusahaan.

Sementara manajer lebih berfokus pada tugas sehari-hari yang mungkin dapat mengalihkan perhatian staff terhadap visi perusahaan yang lebih besar. Manajer perlu untuk mundur sesaat dari to-do- list dan berfikir tentang target semesteran atau tahunan perusahaan.

Baik pemimpin dan manager mempunyai kemampuan untuk mengenali potensi dan perspektif karyawan secara langsung yang nantinya bertujuan untuk mencapai tujuan perusahaan dan pengembang potensi individual para staff

Apakah Anda adalah CEO dari sebuah perusahaan besar, pemilik usaha kecil atau franchisee, keseimbangan antara kepemimpinan dan manajemen sangat penting. Mengetahui bagaimana mereka saling melengkapi satu sama lain dan Anda akan berada di jalan  menuju sukses dengan tim yang berdedikasi  dan  karyawan termotivasi

 

Jadi apakah Anda seorang Leader atau seorang Manager ? 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun