Mohon tunggu...
Ahmad Dahri
Ahmad Dahri Mohon Tunggu... Sapa saja dengan Lek Dah

ان لم تكون علي غضب، فالا ابالى

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kredo Perjuangan, Kiat Dasar Berjuang

22 Januari 2020   00:25 Diperbarui: 22 Januari 2020   00:57 36 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kredo Perjuangan, Kiat Dasar Berjuang
ilustrasi via Brilio.net

Perjuangan berarti segala sesuatu yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Dalam sebuah perjuangan terdapat berbagai macam hambatan. Semakin kita sering mengalami berbagai masalah maka semakin kuat pula kita.

Dalam perjuangan pasti tak semudah yang kita bayangkan. Tak semudah kata mengucap. dalam perjuangan pasti ada rintangan atau ujian . Di saat kita mendengarkan kata rintangan atau ujian sering kali kita mengira ada sesuatu yang berat dibaliknya padahal jika kita tarik dari sudut pandang yang unik adanya ujian adalah untuk mengukur kadar keseriusan kita dalam berjuang.

Perjuangan adalah sesuatu yang membutuhkan tekad kuat, tanpa tekad yang kuat  maka tak akan tercapai tujuan yang kita inginkan.

Dalam sinaubareng semalam membahas tentang perjuangan dan ikhlas yang dinukil dari kitab idatunasyiin bahwasanya berjuang itu ada 5 point yakni idzom, idhomah, imadah, wamalakuhu, hamadah.

Idzom atau peraturan  sepahaman saya tadi malam bahwa berjuang itu kita harus bisa ndeleh awak bahasa jawanya ,tau kapan harus berjuang kapan harus istirahat, selagi itu bisa dan ada peluang maka berjuanglah.

Jika kita sudah berjuang semaksimal mungkin tapi menemui kendala kendala terus maka alangkah baiknya kita istirahat sejenak sambil mengevaluasi mungkin di mana letak kekeliruan kita, kok kita sudah  berusaha semaksimal mungkin tapi belum tercapai mungkin kita perlu istirahat dan mengevaluasi letak kesalahanya di mana.

Yang kedua yakni idhomah, atau bisa diartikan saling menghargai satu sama lain bahwasanya dalam berjuang, dalam konteks hubungan misalnya dalam suatu hubungan itu harus ada idhomah  atau saling menghargai dan memahami agar apa, agar hubungan itu langgeng, ayem. 

Bayangkan apabila kita terjadi perbedaan atau percecokan dengan kekasih kita, dan kita sibuk memenangkan ego kita masing masing.

Maka bisa diperkirakan hubungan itu tidak akan berjalan lama , toh seadainya berjalan pur pasti akan terus bertengkar.

Dan di sinilah pentingnya idhomah saling memahami satu sama lain menghargai satu sama lain, agar tetep langgeng ,ayem,  perjuangan itu sampai tujuan sakinah mawaddah warahmah.

Yang ketiga yakni imadah bahwa berjuang itu harus mempunyai prinsip. Bahwasanya kita  berjuang bukan hanya sekedar berjuang tapi ada arah tujuan yang jelas , seperti halnya kita memperjuangkan doi tujuanya  adalah doi nyaman , dan aman bersama kita kalau ditarik ke gari sosial yakni khoirunnas anfauhum linnas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x