Mohon tunggu...
Akhlis Purnomo
Akhlis Purnomo Mohon Tunggu... Penulis - Copywriter, editor, guru yoga

Suka kata-kata lebih dari angka, kecuali yang di saldo saya. Twitter: @akhliswrites

Selanjutnya

Tutup

Money

Brian Chesky CEO Air BnB: Bisnis Saya Makin Dikenal Berkat Blogger

31 Desember 2013   08:34 Diperbarui: 24 Juni 2015   03:19 125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Satu trik bagi Anda yang ingin memperkenalkan bisnis baru (startup) Anda ke sebanyak mungkin orang di luar sana ialah dengan bekerjasama dengan para blogger. Tidak peduli apakah itu blogger yang sudah ternama atau masih pemula, mereka berpotensi menjadi mitra terbaik Anda dalam hal hubungan masyarakat (humas/ PR).

Dalam perbincangannya dengan Sarah Lacy, CEO startup sukses Air BnB Brian Chesky mengatakan bahwa dirinya di tahap awal mendirikan Air BnB mengalami kesulitan dalam hal publisitas. Mendapatkan akses ke media mainstream memang tidak mudah terutama jika kita masih pemula. Tidak ada rekam jejak yang bisa dibanggakan dan cenderung dianggap masih hijau dalam industri tempat kita bergerak.

"Kami sadar kami harus memulai (publisitas) dengan para blogger yang lebih kecil. Kami yakin bahwa blogger yang makin kecil, makin berpeluang mereka memberikan perhatiannya pada kami, startup yang masih amat baru. Jadi kami mencari dan menemukan blogger-blogger yang traffic blognya masih rendah sekali. Mereka pun setuju menulis tentang Air BnB," ujar Chesky.

Kata Chesky, ia dan rekannya di Air BnB menggunakan konsep skema piramida terbalik dalam hal publisitas ini. Ia merangkul para blogger kecil dan kemudian saat blog-blog yang lebih kecil ini banyak yang memuat artikel mengenai Air BnB, blog dan media yang jauh lebih besar 'menengokkan kepala mereka' dan memberikan perhatian yang lebih besar daripada semula.

Publisitas ala kadarnya dengan blogger-blogger kecil itu membuahkan hasil karena Local MBC News mencium keberadaan startup yang didirikan Chesky itu. Akhirnya ia masuk ke media besar dan startupnya makin dikenal.

"Saat konferensi DNC berlangsung, startup kami diliput media lokal dan media besar seperti The Washington Post, The Wall Street Journal mengamati laporan media lokal, sehingga kami pun diwawancari dan masuk ke media besar,"ungkapnya. Publisitas itu ,mengubah mereka menjadi orang terkenal dalam waktu yang singkat meski sebenarnya tidak membawa keuntungan finansial instan apapun.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun