Mohon tunggu...
Hanif Sofyan
Hanif Sofyan Mohon Tunggu... Full Time Blogger - pegiat literasi
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Buku De Atjehers series

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Guru "Stuntman" Dalam Semarak Merdeka Belajar

31 Mei 2023   23:55 Diperbarui: 1 Juni 2023   00:18 319
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
aksi stuntman, pemeran pengganti dalam film-kumparan

the matrix-britis GQ
the matrix-britis GQ

Pernah lihat Jacky Chan atau Tom Cruise beraksi atau Keanu Reeves seperti ketika main di Film The Matrix?. Ternyata tak semua adegan berbahaya diperankannya sendiri oleh si aktor. Ada kala mereka butuh pemeran pembantu alias Stuntman.

Saya merasa sejak "kadaluarsa" menjadi guru karena kesibukan bekerja di sebuah NGO selama, akhirnya terdampar menjadi "guru terbang". Para siswa ada yang menyebut saya dengan "guru loncat". Dan beberapa dari mereka menjuluki saya, "guru stuntman". Terserah saja.

Tapi saya memang lebih sering menjadi "guru pemeran pembantu", berganti sekolah, berganti murid. Menggantikan guru yang tak mengajar karena izin tertentu seperti cuti hamil, sakit dan lain sebagainya yang butuh bantuan (guru stuntman).

Tapi intinya saya masih tetap guru. Setidaknya itu yang masih bisa saya jalani untuk mengobati kerinduan, karena sejak lama sebenarnya saya suka mengajar.

Proyek Samin

menuju pulau aceh-hikayatbanda.com
menuju pulau aceh-hikayatbanda.com
perahu ke pulau aceh-antaranews
perahu ke pulau aceh-antaranews
Sebelum digunakan Kurikulum Merdeka,  kami (maksudnya saya dan siswa) selalu berusaha membuat kelas tak bikin bosan. Beberapa kali kami saling berganti peran, saya menjadi murid dan siswa menjadi guru.

Awal mengapa menjadi guru stuntman, dimulai ketika masih aktif di NGO, saya bergabung dengan teman-teman se-English club dan menyepakati jika setiap hari Sabtu dan Minggu, kami akan berkunjung ke sekolah di daerah terpencil dan terjauh dan terpinggirkan di pulau yang berbatas langsung dengan ibukota propinsi, untuk mengajar dan berbagi kegembiraan.

Ketika itu kami menyebut proyek itu Samin Project-bukan nama orang, juga bukan istilah dari bahasa asing, tapi berasal dari kata Sabtu-Minggu just its!. Maka sejak saat itu, kami bersama-sama, berbelanja sedikit snack, termasuk juga buku-buku dan bahan berupa video visual berisi materi pembelajaran , sebelum berangkat ke pulo untuk mengajar.

Sebenarnya kami tak mau mengorbankan waktu libur anak-anak di hari Minggu, tapi karena kelas spesial itu kami rancang bukan layaknya kelas regular, anak-anak justru merasa mereka sedang liburan sambil belajar. Begitulah awal mula mengapa akhirnya, saya ketagihan mengajar dan "memaksa" diri menjadi guru stuntman!.

Ketika masuk era merdeka belajar, kami merasakan gairah dan semangat yang luar biasa, mengingat bahwa model kurikulum itulah yang selama ini menjadi orientasi pilihan kami ketika bertemu dengan anak-anak  di pulau dan belajar di kelas atau dikelas lapang.

Kami bahkan sering bertukar peran, menjadi murid dan anak-anak secara bergantian menjadi guru dan maju di depan kelas.

Ketika itu kami bisa merasakan apa yang dirasakan oleh anak-anak, perasaan bosan, perasaan malas, ada yang tak beres dengan pelajaran atau metode mengajarnya. Masukan dari mereka menjadi cara kami memperbaiki metode mengajar dan cara belajarnya.

Catatan Baik Dari Praktik Baik Merdeka Belajar

anak-anak aceh di sekolahnya-liputan6.com
anak-anak aceh di sekolahnya-liputan6.com
Banyak catatan praktik baik Merdeka Belajar yang sejak lama mestinya menjadi fokus dalam pembelajaran kita di ruang-ruang kelas yang sering dilanda kebosanan. Tentu saja kami sebagai "guru dadakan" juga bisa merasakan hal yang sama, bahkan kami membuat banyak catatan penting tentang praktik baik sebagai komparasi dan bahan kajian.

Dalam inti dari Praktik Baik dalam Merdeka Belajar, yang terpenting adalah memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjadi subjek aktif dalam pembelajaran mereka, mengatur dan mengendalikan proses belajar mereka sendiri, memilih topik yang diminati, menentukan tempo belajar, serta mengembangkan keterampilan dan minat pribadi.

Saya menyimpan banyak catatan praktik baik dalam notes yang selalu saya bawa dan berisi juga ide-ide belajar, dan juga tak ketinggalan daftar belanjaan snack dan judul buku untuk anak-anak, ketika kami hendak ke pulau bersama Samin Project ;). Kami selalu tergelak mengingat nama project-nya!.

Beberapa catatan yang menjadi panduan kami di kelas Samin, berasal dari praktik baik Merdeka Belajar.

Pertama; Mendukung pemilihan materi dan metode belajar, dengan cara memberikan kesempatan atau pemberian otonomi kepada siswa memilih materi pembelajaran yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka. Siswa bisa memilih metode belajar yang sesuai dengan gaya belajar mereka, seperti membaca, menonton video, berpartisipasi dalam diskusi, atau melakukan penelitian sendiri.; .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun