Mohon tunggu...
Mas Han
Mas Han Mohon Tunggu... Administrasi - Penikmat Kopi dan Belajar Menulis

Arkeolog, Peneliti, Belajar Menulis Fiksi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Metaverse Sebuah Keniscayaan, Jawaban atas Tantangan Zaman

23 Desember 2021   19:50 Diperbarui: 24 Desember 2021   13:32 745 30 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi, Metaverse menjawab tantangan Zaman memvisualisasikan metafisika.| Sumber: Digital Trends via Kompas.com

Metaverse sebuah keniscayaan yang hanya menunggu waktu. Jauh hari sebelumnya, mungkin banyak orang sudah memprediksi atau memproyeksikan tentang akan datang sebuah masa ketika hal-hal yang tak mungkin terjadi sekarang akan terjadi di masa yang akan datang. Proyeksi ini bahkan dilakukan oleh orang yang awam teknologi sekalipun. 

Bagi saya, Metaverse itu semacam menjawab tantangan zaman, dengan bantuan teknologi memvisualisasikan hal ihwal metafisika. 

***

Anda pernah mendengar istilah ilmu Rah Clok? Mungkin untuk kalangan yang sudah berumur 40an ke atas, sudah pernah mendengar istilah itu. 

Rah Clok adalah salah satu ilmu andalan yang dimiliki oleh Brama Kumbara, peguasa Kerajaan Madangkara. Brama Kumbara tahu? Dia adalah tokoh sentral di serial sandiwara radio karya Nikki Kosasih yang sangat populer di era 80an. 

Tapi mungkin banyak orang lupa ataupun tidak mengingatnya. Ilmu itu jarang sekali digunakan oleh Brama Kumbara. Sehingga sepertinya bukan ilmu yang populer dan dikenal para pendengar setia sandiwara radio serial Saur Sepuh yang mengudara di tahun 1980an. 

Anda paham ilmu Rah Clok-nya Brama Kumbara yang hidup di masa Kerajaan Siliwangi, sekitar abad 16-17 M? Ilmu Rah Clok itu, penggambarannya seperti halnya teknologi Metaverse saat ini. 

Rah Clok di serial Saur Sepuh itu, digambarkan dalam kondisi ketika Brama Kumbara berpindah ruang atau tempat dalam waktu yang sangat cepat atau di waktu yang sama, saat itu juga. 

Dalam serial sandiwara radio itu dalam salah satu episode Brama Kumbara sedang mengembara, namun di tengah perjalanan harus berada kembali di Madangkara, kerajaannya. 

Dengan ilmu Rah Clok-nya, secara fisik Brama Kumbara masih berada di lokasi pengembaraannya, namun pada saat yang sama, ia juga sudah berada di Kerajaan Madangkara. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan