Mohon tunggu...
Mas Han
Mas Han Mohon Tunggu... Administrasi - Penikmat Kopi dan Belajar Menulis

Arkeolog, Peneliti, Penikmat Kopi, Pecandu Senja, Pencinta Telaga, Belajar Menulis

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Tak Ada Puisi yang Unik dan Menarik

2 Juli 2021   03:33 Diperbarui: 2 Juli 2021   08:26 315 26 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tak Ada Puisi yang Unik dan Menarik
ilustrasi, Tidak Ada Puisi Yang Unik dan Menarik. Sumber:https://ezoque.com

Bagi saya puisi itu ungkapan sebuah imaji, ilusi, ungkapan hati, pikiran. Dituangkan dengan proses kreatif, memilih diksi dan kalimat-kalimat yang bagi penulisnya untuk menyampaikan pesan dan makna, secara tersirat maupun tersurat. 

Memahami puisi, bisa berbeda-beda bagi setiap pembaca dan penikmatnya. Puisi itu bisa multitafsir, bisa dimaknai berbeda-beda, tergantung pemahaman dan jangkauan imaji masing-masing pembacanya. 

Saya pribadi, tidak paham bagaimana puisi dari sisi teori tata bahasa dan sastra. Saya hanya menikmati puisi sederhana, lewat diksi dan rima. Sementara makna, hanya berdasarkan imaji saya sendiri. 

Oleh karena itu, bagi saya untuk puisi selalu saja inspiratif. Setiap kata dan makna selalu memberi inspirasi yang mendebarkan. 

Baca juga : Srikandi Puisi Kompasiana

Seberapa hebatnya getaran rasa yang saya alami, saat membaca puisi, tergantung seberapa indah kata dan kalimat yang saya bisa nikmati. 

Juga seberapa dalam makna puisi menurut penilaian dan daya jangkau imaji saya.  

Dalam menangkap makna dari setiap kata dan kalimat yang mengalir pada puisi yang saya baca, itu juga tergantung seberapa luas, jangkauan pikiran saya dalam memahami kata dan kalimat yang mengalir dalam puisi. 

Oleh karena setiap puisi selalu ada pesan dan makna, betapa pun sederhananya diksi yang tertera. Atau sesimpel apapun rima dalam bait-bait puisi. Karya puisi selalu inspiratif. 

Oleh karenanya, bagi saya tidak ada puisi yang unik dan menarik. Puisi selalu harus ditempatkan sebagai karya yang inspiratif. 

Artikel remeh ini saya tulis karena inspirasi dari para kompasianer yang memilih vote unik atau menarik untuk karya puisi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN