Mohon tunggu...
wurdono
wurdono Mohon Tunggu... Human Resources - Praktisi Pendidikan

Praktisi Pendidikan Vokasi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Perguruan "Cikini" Berbagi

30 November 2021   14:28 Diperbarui: 1 Desember 2021   11:01 62 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

KEPALA SUKU DINAS PENDIDIKAN JAKARTA SELATAN MEMBUKA ACARA PELATIHAN

Perguruan "Cikini" Jakarta mendukung pengembangan kompetensi guru SMP, SMA, dan SMK di Provinsi DKI Jakarta. Hal tersebut diwujudkan dengan menggelar pelatihan guru mata pelajaran Seni Budaya bagi guru SMP, SMA, dan SMK di Jakarta Selatan.  

Ratusan guru dilatih tentang penguasaan seni musik yang merupakan salah satu materi pelajaran yang ada pada Mata Pelajaran Seni Budaya pada jenjang pendidikan SMP, SMA, dan SMK.

Program ini dirancang dalam rangkan mengembangkan kolaborasi antar lembaga pendidikan. Antara satu sekolah dengan sekolah lain yang masing-masing memiliki keunggulan dapat saling berbagi. 

Perguruan "CIkini" yang memiliki Sekolah Musik Menengah (SMM atau SMK Musik), satu-satunya sekolah musik tingkat menengah di Provinsi DKI Jakarta, memiliki guru-guru berpengalaman di bidang seni musik. Sedangkan guru-guru mata pelajaran Seni Budaya sangat sedikit yang berlatar belakang seni musik, maka perlu dibekali dengan kompetensi seni musik. 

Materi pelatihan dikemas sesuai dengan kebutuhan guru-guru. Bagi guru yang berlatar belakang seni musik materi pelatihannya dibedakan dengan guru yang berlatar belakang bukan seni musik. 

Pengelompokan ini dimaksudkan untuk memudahkan di dalam pembimbingan pembelajaran. Materi pelatihan meliputi teknologi musik, membuat aransemen musik, dan pengenalan membuat konser virtual.

Wakil Direktur DIkdasmen Perguruan "CIkini", Wurdono, dalam sambutan mengatakan bahwa Perguruan "Cikini" hadir untuk membangun negeri, maka berbagi pengalaman adalah merupaka program Yayasan Perguruan "CIkini". 

Semangat kolaborasinini perlu terus dikembangkan agar kita dapat maju bersama. Dengan berbagi, saling mendukung, saling menolong, akan melahirkan semangat gotong royong dan semangat maju bersama. Buka sebaliknya, kita saling iri, dengki, tidak mau berbagi. Kebisasaan buruk itu akan membawa kita kepada kehancuran bersama, tegas Wurdono. 

Sementara itu Kepala Suku Dinas Pendidikan Jakarta Selatan Wilayah II, Abdul Rachem, mengatakan : Melalui pendidikan Seni Budaya kita wajib menghasilkan anak didik yang Berbudi dan Berbudaya. 

Pelajaran Seni Budaya seharusnya melahirkan insan yang berbudi dengan semangat atau daya yang optimal. "Kami sangat berterima kasih kepada Perguruan "Cikini" yang telah mau peduli untuk meningkatkan kapasitas guru-guru mata  pelajaran Seni Budaya di Provinsi DKI Jakarta." papar Abdul Rachem.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan