Mohon tunggu...
SWulan Qodariah
SWulan Qodariah Mohon Tunggu... pelajar

belajar belajar dan belajar

Selanjutnya

Tutup

Atletik

Sekali Dayung Dua Tiga Pulau Terlampaui dengan Mandiri Jogja Marathon, Lebih dari Sekadar Lomba!

21 Mei 2019   22:49 Diperbarui: 21 Mei 2019   23:17 0 2 1 Mohon Tunggu...

Mandiri Jogja Marathon, merupakan sebuah event atau kompetisi lari marathon Nasional yang diadakan oleh bank Mandiri bekerjasama dengan Pemda dan Dinas Pariwisata DIY. Event ini bukan sekadar lomba lari biasa, tetapi para peserta bisa menikmati keindahan dan kekayaan alam serta budaya yang berada di Jogja. Event ini dilaksanakan satu tahun sekali dimana start dan finish bertempat di Candi Prambanan dan pendaftaran peserta terbuka buat umum, baik peserta domestik maupun mancanegara.

Yogyakarta atau yang biasa disebut Jogja itu sendiri, sesuai dengan namanya Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan kota penuh keistimewaan. Pantas saja Jogja menjadi salah satu destinasi wisata paling dituju di Indonesia. Banyak sekali spot wisata seru dan mengesankan yang tersebar dipenjuru Jogja yang bisa membuat liburan di kota istimewa ini penuh dengan cerita menyenangkan dan tak terlupakan.

Nah, dengan begitu para peserta diluar kota dapat merencanakan liburan dengan keluarga yang sangat luar biasa bukan? Bukan hanya dengan mengikuti event lari marathon namun keluarga yang lain juga dapat menikmati destinasi destinasi wisata yang berada disekitar Candi Prambanan itu sendiri.

Candi Prambanan, yang berlokasi diperbatasan Jogja-Klaten, tentu wajib menjadi tujuan pertama. Selain menjadi lokasi diselengarakannya event marathon, kemegahan candi ini menjadi bukti tersendiri kemajuan arsitektur di abad ke-9 masehi. Selain itu para peserta ataupun keluarga yang menemani juga bisa melakukan tur singkat di kompleks candi lain di sekitar Candi Prambanan seperti Candi Lumbung, Candi Bubrah dan juga Candi Sewu, yang identik dengan kisah cinta Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang. Dan yang lebih menarik lagi, salah satu Candi tersebut ditetapkan sebagai Situs Warisan Budaya oleh UNESCO yaitu Candi Sewu. Menarik sekali bukan?

Selain itu, Ratu Boko atau mendatangi Candi Ijo, candi yang letaknya berada di daratan paling tinggi di Jogja. Ratu Boko terletak sekitar 3 km ke arah selatan dari Candi Prambanan. Kawasan Ratu Boko yang berlokasi di atas sebuah bukit dengan ketinggian 195.97 m diatas permukaan laut. Situs Ratu Boko sebenarnya bukan sebuah candi, melainkan reruntuhan sebuah kerajaan. Oleh karena itu, Candi Ratu Boko sering disebut juga Kraton Ratu Boko. Dari kedua tempat ini, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan Jogja yang indah, sekaligus menikmati sunset dari ketinggian. Nuansa yang akan dapatkan di sini akan terasa sangat syahdu dan romantis jika dinikmati di moment yang tepat, apalagi kala bersama pasangan dan keluarga.

Beranjak dari sana, Taman Tebing Breksi juga bisa menjadi tempat tujuan selanjutnya. Lokasinya berada di sebelah kidul Candi Prambanan dan berdekatan dengan Candi Ijo serta Kompleks Keraton Boko. Tempat yang sangat hitz dikalangan wisatawan, dimana terdapat banyak spot foto yang sangat menarik yang dapat dijadikan background foto ala-ala pengguna sosial media. Dari tempat ini pengunjung bisa menyaksikan keindahan Jogja dari ketinggian.

            Dan masih banyak lagi destinasi wisata yang dapat dikunjungi baik itu wisata alam ataupun wisata kuliner. Jika diibaratkan dengan sebuah peribahasa "sekali dayung dua tiga pulau terlampaui" atau sembari mengikuti event bisa juga sambil mengajak keluarga liburan. Menarik sekali bukan? Sangat recommended untuk para pecinta olahraga namun ingin mendapati suasana baru. Bagi yang belum sempat mengikuti lomba tahun ini, jangan khawatir karena masih bisa mengikuti lomba di tahun depan lho. Ayo manfaatkan waktu mu untuk melaksanakan hobi dan juga rekreasi dengan keluarga, karena Mandiri Jogja Marathon, Lebih Dari Sekedar Lomba!