Mohon tunggu...
Wulan Hutia
Wulan Hutia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mari menulis dan membaca

Terus mencari inspirasi dan menjadi inspirasi.. Mari bergerak untuk maju dan bukan bukan bergerak untuk mundur..

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Serba- Serbi Manajemen Pendidikan Islam

13 Mei 2022   00:53 Diperbarui: 13 Mei 2022   00:55 98 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hello kompasianer dimanapun kalian berada semoga kita selalu dalam lindungan- Nya.amiin.

Kali ini kita akan bahas tentang manajemen pendidikan islam nih guys, buat kalian yang mau ambil jurusan Manajemen Pendidikan Islam atau yang biasa disebut MPI ini bisa banget simak pembahasan yang akan saya tulis dibawah ini.

Nah buat temen- temen khususnya yang mau masuk MPI tapi masih bingung apa sih bedanya manajemen pendidikan sama manajemen pendidikan islam? Apa tujuannya? Fungsinya apa? Nanti lulusannya gelarnya apa?. Mari kita bahas bareng- bareng biar kalian gak penasaran lagi.

Apa perbedaan manajemen pendidikan dan manajemen pendidikan islam?

Bahasan pertama kita yaitu apa sih perbedaan manajemen pendidikan dan manajemen pendidikan islam? Manajemen Pendidikan secara global yaitu merupakan proses perencanaan, penyusunan, pelaksanaan dan pengawasan untuk mengelola semua sumber daya berupa tenaga kerja, uang, bahan, metode, mesin, pasar, waktu dan informasi untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien dalam bidang pendidikan.

Nah kalau manajemen pendidikan islam itu pengertiannya sama kaya apa yang udah saya Jabari diatas guys, dan tambahannya karena manajemen pendidikan islam maka ada tambahan dengan pendidikan islamnya, yang mana kurikulum dan sistemnya akan menggunakan kaidah dan ajaran islam. Jadi manajemen pendidikan islam itu adalah sebuah wadah yang menjalankan proses pengelolaan Lembaga pendidikan dengan didasari ajaran- ajaran islam dan memiliki karakter yang islami.

Tujuan dari manajemen pendidikan islam itu sendiri yaitu, mengembangkan pengelolaan, pelaksanaan, proses belajar dan mengajar, program- program,kurikulum, pendidik, peserta didik dan lain sebagainya agar sampai kepada pendidikan islam yang efektif dan efisien. Nah terus apa nih kak fungsi dari manajemen pendidikan ini?

Fungsi dari manajemen pendidikan islam itu yang paling umum bdan banyak dikenal yakni POAC. Mari kita jabarka tentang POAC ini guys..

Poac adalah singkatan dari Planning, Organizing, Actuating and Controlling.

Kenapa poac kak? Karena poac ini bersifat umum dan mewakili semua fungsi, ya mungkin bisa dibilang dasarnya juga ya.

  1. Planning ( perencanaan )

Perencanaan adalah pondasi awal atau bisa dibilang permulan dari segala pekerjaan agar tersusun, rapih dan jelas kan dibawa kemana. Gak buat pekerjaan aja sih guys, perencanaan juga digunakan dalam menjalani kehidupan dan perencanaan juga digunakan dalam setiap keadaan. Nah buat manajemen itu sendiri perencanaan sangat dibutuhkan untuk menata kelanjutan dan masa depan dari apa yang akan kita Kelola.

  1. Organizing ( organisasi )

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan