Mohon tunggu...
Wulan Fitri Rahayu
Wulan Fitri Rahayu Mohon Tunggu... Tetaplah tersenyum

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030078

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Cara Jadi Milenial Anti Insecure

4 Maret 2021   11:08 Diperbarui: 4 Maret 2021   11:20 156 4 0 Mohon Tunggu...

Hi, teman-teman! Kalian pasti gak asing lagi kan dengan kata insecure? Apakah diantara kalian ada yang merasa insecure juga? Kenapa sih kalian harus insecure?

Insecure? Apa itu?

Kata insecure akhir-akhir ini sering digunakan oleh banyak orang. Bahkan kata-kata insecure ini menjadi viral dan menjadi perbincangan public terkait penggunaannya. Terbukti dari banyaknya jumlah kata ini yang lalu lalang di berbagai platform media sosial, seperti Instagram, YouTube, Twitter, Tiktok dan masih banyak lagi. Pengguna kata insecure ini tidak memandang usia, baik orang tua, anak muda, hingga anak-anak. Dari banyaknya pengguna kata ini, anak muda atau remaja menjadi peringkat pertama yang menduduki penggunaan kata insecure. Yang menjadi pertanyaan, apakah mereka para pengguna kata ini mengetahui arti insecure?

Kata insecure sendiri merupakan kata dari Bahasa Inggris yang berarti tidak aman. Lalu apa arti kata insecure yang sering kita dengar? Insecure berarti perasaan tidak aman yang dimiliki seseorang sehingga merasa rendah diri, tidak percaya diri, malu, hingga takut untuk melakukan sesuatu. Sebenarnya, insecure ini disebabkan oleh banyak faktor. Kurangnya percaya diri seseorang merupakn faktor internal yang menyebabkan seseorang menjadi insecure. Gimana nih, teman-teman ada yang sering merasa seperti ini ?

Selain faktor internal, faktor eksternal juga ada yang menyebabkan seseorang menjadi insecure. Mendapatkan pandangan rendah dan buruk dari orang lain terhadap diri kita. Yusp, biasanya orang yang mendapatkan pandangan buruk dari orang lain langsung merasa down dan tidak bersemangat dalam menjalani hari-hari. Padahal pandangan dari orang lain terhadap diri kita belum tentu benar ya teman-teman.

Apakah merasa insecure itu wajar? Merasa insecure itu wajar saja, karena banyak orang yang meresa insecure juga. Namun, tidak seharusnya kita menyikapi rasa insecure yang ada dalam diri kita secara berlebihan. Karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik dan dapat mengakibatkan hal-hal yang tidak kita inginkan. Begitu juga dengan insecure. Insecure yang berlebihan dapat mengakibatkan mental illness atau sakit yang berupa gangguan mental. Bahkan kemungkinan terburuk akibat insecure ini adalah bunuh diri karena merasa dirinya tidak berguna bagi siapapun.

Buat kalian, apakah kalian masih merasa insecure yang berlebihan? Yuuuk, sama-sama kita perbaiki diri dengan cara berikut agar tidak merasa insecure yang berlebihan.

Kalimat ‘Kalau bisa bersyukur kenapa harus insecure ?’ merupakan kalimat tanya yang tepat terhadap diri sendiri terkait dengan insecure. Bersyukur? Kenapa harus bersyukur? Yups, bersyukur kepada Tuhan adalah cara yang tepat agar kita tidak merasa insecure.

Tuhan telah menciptakn manusia sesuai dengan porsi dan bagian masing-masing. Jadi, teman-teman jangan khawatir akan nikmat yang diberikan Tuhan kepada kita. Yakinlah jika kita memiliki kekurangan pasti terdapat kelebihan yang jauh lebih besar.

Insecure bisa terjadi karena kurang bersyukur. Biasanya seseorang yang merasa insecure selalu melihat ke atas tanpa melihat ke bawah. Misalkan kita terus melihat ke atas, maka kita akan terus menjadi kurang dan ingin terus menjadi seperti mereka dengan cara memaksakan diri. Jika kita tidak dapat menggapai apa yang kita inginkan seperti mereka-mereka yang di atas, maka kita akan merasa putus asa dan memilih jalan yang tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Tapi, boleh sesekali kita melihat mereka yang ada di bawah kita, maka kita akan merasa beruntung memiliki apa yang ada saat ini tanpa ada rasa iri.

Sebenarnya kita boleh melihat ke atas untuk dijadikan motivasi dan diimbangi melihat ke bawah untuk selalu menyadarkan diri. Sudah sepantasnya kita bersyukur atas apa yang Tuhan titipkan kepada kita. So, apakah teman-teman sudah bersyukur hari ini ?

  • Berhenti membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN