Mohon tunggu...
wulanekah
wulanekah Mohon Tunggu... Freelance

Nulis adalah obat | Belajar menuangkan kegelisahan dalam tulisan | Berharap tulisan yang masih amburadul ini bermanfaat bagi yang membaca | IG dan Twitter : @wulanekah |

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Analogi Dewi Durga dalam Francise Film "Kahaani" dan "Kahaani 2", Sebuah Spirit Heroisme bagi Perempuan

26 Oktober 2020   15:52 Diperbarui: 26 Oktober 2020   16:06 66 13 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Analogi Dewi Durga dalam Francise Film "Kahaani" dan "Kahaani 2", Sebuah Spirit Heroisme bagi Perempuan
Dewi Durga. Sumber Gambar : cagarbudaya.kemendikbud.go.id

Menggunakan analogi Dewi Durga, francise film Kahaani dan Kahaani 2: Durga Rani Singh sungguh menawan dalam merepresentasikan sosok perempuan yang heroik.

 

Dewi Durga sendiri konon merupakan dewi yang selain dikenal cantik, ia juga berani dalam menumpas kejahatan. Raksasa Mahisasura yang mengusik para dewa di khayangan berhasil ia bunuh, bahkan ketika para dewa tidak sanggup melakukannya.

Spirit Dewi Durga lekat pada kharakter Vidya Bagchi, tokoh utama dalam film Kahaani. Vidya Bagchi merupakan perempuan hamil yang sedang mencari suaminya ke Kolkata, India

Poster film Kahaani. Sumber Gambar : imdb.com
Poster film Kahaani. Sumber Gambar : imdb.com

Dia datang sendirian dari London untuk menapak jejak suaminya yang menghilang dua bulan belakangan. Namun ironisnya, suaminya tak dinyana mirip dengan buronan agen intelejen setempat. Sebuah kebetulan yang membawa Vidya Bagchi bergabung dalam pengejaran buronan tersebut.

Vidya Bagchi tak menganggap langkah kaki yang terkekeh atau perut yang membuncit sebagai halangan. Dengan heroik dia terus mengejar buronan tersebut untuk mendapat jawaban dimana suaminya. Diremehkan polisi bahkan hampir ditembak oleh pembunuh bayaran, tak membuatnya gentar.

Aroma feminisme memang tercium kuat dalam film ini. Terbukti saat Rana, polisi baru yang membantu Vidya jatuh hati dengannya. Rana terpana dengan kemampuan Vidya dalam meng-hack komputer. Sebuah kisah cinta yang jarang terjadi ketika perempuan hamil ditaksir oleh pemuda. 

Sebuah kisah cinta yang sungguh menggambarkan kesetaraan gender dimana laki-laki terpesona dengan perempuan bukan hanya dari tampilan fisik atau peran domestiknya, namun juga dari kemampuan yang dimilikinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x