Mohon tunggu...
wulanekah
wulanekah Mohon Tunggu... Freelance

Nulis adalah obat | Belajar menuangkan kegelisahan dalam tulisan | Berharap tulisan yang masih amburadul ini bermanfaat bagi yang membaca | IG dan Twitter : @wulanekah |

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Pihu: Film tentang Balita Sendirian di Apartemen, Bikin Jiwa Keibuan Meronta-ronta

27 September 2020   15:27 Diperbarui: 27 September 2020   15:34 101 14 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pihu: Film tentang Balita Sendirian di Apartemen, Bikin Jiwa Keibuan Meronta-ronta
Help me! Sumber gambar : imdb.com


I'm alone. Help me! I'm scared.
Menonton film Pihu membuat saya selalu merasa deg-degan. Mak tratap.

Pihu. Sebuah film karya Vinod Kapri, seorang mantan jurnalis yang memilih untuk menyutradarai film. Film ini karya keduanya yang dibuat dengan anggaran rendah. 

Proses pembuatan film ini sendiri semacam film independen, tanpa produser dan juga studio film atau rumah produksi. Film ini dibuat dengan meletakkan beberapa kamera di dalam rumah Pihu, dan membiarkan pemeran Pihu untuk mengeksplorasi kharakternya.

Film Pihu konon terinspirasi dari kisah nyata. Pihu merupakan seorang balita berusia dua tahun yang terjebak di apartemennya bersama dengan fisik ibunya yang telah meninggal dunia. IIbunya memutuskan bunuh diri setelah malam ulang tahun kedua Pihu. 

Berdasar pesan yang ditinggalkan Pooja di kaca riasnya, ia memilih untuk bunuh diri karena merasa tak kuasa dengan perlakuan suaminya. Pernikahan yang tak direstui keluarganya itu ternyata tak sesuai dengan ekspektasinya.

Bersama mayat ibunya yang terbaring di ranjang, Pihu yang polos tetap beraktivitas seperti biasa. Ia merasa bahwa ibunya hanya sedang tertidur biasa. Ia mencoba membangunkan ibunya untuk membantunya  beraktivitas harian. Namun karena sang ibu tak bangun-bangun, Pihu memilih untuk melakukannya sendiri. 

Bayangkan, seorang anak kecil sendirian di dalam apartemen selama tiga hari. Ia berusaha mengambil handphone yang berdering di atas rak dengan memanjatnya. Sempat juga kursi yang menjadi pijakan bergoyang. Duh, bikin mak tratap.

Belum lagi adegan saat Pihu kelaparan, mencari susu. Eh susu dari dotnya tumpah. Saat ia menghangatkan roti di microwave, dia gak bisa baca angka yang buat nentuin suhu atau durasi. Sampai-sampai rotinya gosong. Microwave itu juga nggak dimatiin. Atau saat dia menyalakan kompor, trus ditinggalin gitu aja karena ga bisa matiin. Yungalah, mak tratap.

Pihu yang iseng main masuk kulkas dan tertutup pintunya. Hampir meminum cairan pembersih lantai yang warnanya seperti susu. Memakan obat yang tumpah. Kayaknya disinilah letak thriller yang sebenernya. Bikin deg-degan dan penasaran apakah Pihu tetap hidup aman atau terjadi apa-apa.

Puncak adegan yang bikin deg-degan adalah saat Pihu memanjat pagar balkon apartemennya untuk melihat bonekanya yang jatuh. Sebenernya di momen iitu ada tetangga yang mulai sadar kalau ada anak kecil sendirian yang tidak diawasi oleh orang tua di balkon. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x