Mohon tunggu...
wulanekah
wulanekah Mohon Tunggu... Freelance

Nulis adalah obat | Belajar menuangkan kegelisahan dalam tulisan | Berharap tulisan yang masih amburadul ini bermanfaat bagi yang membaca | IG dan Twitter : @wulanekah |

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Masih Worth It Nggak Sih Anak Zaman Now Menggemari Film Bollywood?

25 Agustus 2020   20:44 Diperbarui: 25 Agustus 2020   21:12 49 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Masih Worth It Nggak Sih Anak Zaman Now Menggemari Film Bollywood?
Sumber Gambar : Dharma Productions via IMDB

1998.
Kuch Kuch Hota Hai
Shah Rukh Khan, Kajol, Rani Mukerji
Cinta segitiga

Konon menjadi film pembuka pintu awalnya film Bollywood masuk ke Indonesia. Selepas itu, makin banyak film lain yang turut masuk diimpor ke layar bioskop Indonesia. Kayaknya sekarang film lawas Bollywood tahun 1990-an masih ditayangin ya di televisi swasta? CMIIW (correct me if I'm wrong).

Saya sebagai generasi yang lahir di akhir 90an pun tak bisa terlepas dari pesona film Bollywood ini. Dulu waktu anak-anak, biasa aja tuh nonton film Bollywood di TV (lupa stasiun TV apa). Dulu jam tayangnya Sabtu, Minggu jam 12an sampai jam 3an. Masih biasa aja.

Tapi awal-awal kuliah, ketemu temen yang suka banget nonton Bollywood romantis. Namanya mahasiswa gabut, kadang bertukar film kan? Nah, dia banyak kasih rekomendasi film Bollywood romantis yang dia suka. Buat dosis awal, doi ngasih film yang diperanin sama Shahrukh Khan.
Masih biasa aja. Tontonan saya juga masih random waktu itu. 

Sampai akhirnya saya menemukan hero saya sendiri yaitu Aamir Khan. Sejak saya menemukan 'The Choco Boy' itulah, skill stalking saya menyala mode on. Benar kata netizen, kalo cewek udah penasaran, CBI aja kalah. Wkwkwkw.

Saya nontonin tuh filmnya Aamir Khan satu-satu. Sampai film pertamanya doi. Gila gak sih, sebucin itu sama aktor yang difavoritin tuh? Saya menemukan beberapa hal yang menarik dari perfilman dari tanah Mumbai ini. 

Tak bisa dihindari, saya sampai jatuh cinta sama dunia per-acha acha nehi nehi-an ini. Sampai sekarang masih sering menonton film Bollywood. Semakin nonton, semakin saya tahu kenapa film Bollywood selalu berhasil mencuri penonton, terutama penonton Indonesia. Cuss ahh.

1. Film Bollywood unik dan berbeda. Joget, lipsync, lagu, saree, kurta, bindi, budaya lokal, janda berbaju putih, pernikahan dijodohkan berdasarkan kasta, nama belakang orang menunjukkan kasta, dll. Negara mana coba yang punya film dengan ciri khas seperti itu? Benar kata Pandji Pragiwaksono, "sedikit lebih beda, lebih baik daripada sedikit lebih baik".

2. Dance aktor atau aktris Bollywood tuh bener-bener digarap dengan serius. Bahkan sebelum debut, mereka biasanya mengambil kelas dancing. Dance menjadi salah satu penilaian performa bagi aktor/aktris. Dalam satu film paling nggak memiliki satu koreografer tari. Coba deh lihat di credit title filmnya pas filmnya udah abis. Bakalan nongol tuh nama koreografer, hero tanpa tanda jasa. Wkwkwk. Gak tampak, tapi tanpanya, aktor Bollywood gak akan nge-dance sebagus itu.

3. Lagu soundtrack film cukup banyak dan penggarapannya oleh studio rekaman musik. Profesional banget nggak sih? Satu film bisa 5-10an soundtrack.  Sebut saja film Kuch Kuch Hota Hai yang punya 8 soundtrack. Film terkini pun juga sama banyaknya. Film terlaris Bollywood sepanjang masa, Baahubali (rilis tahun 2015) memliki 8 soundtrack untuk yang part Beginning (1).

Setiap lagu memiliki mood yang berbeda, sesuai dengan alur ceritanya. Kebutuhan akan banyaknya lagu tersebut juga turut menaikkan produktivitas produser musik, penulis lirik, komposer, dan industri musik di sana termasuk penyanyi, pemain alat musik, serta pekerja remahan2 lainnya. 

Setiap tahun, pada festival penghargaan film juga ada kategori 'penyanyi playback terbaik' masing-masing untuk pria dan wanita, 'penulis lirik lagu terbaik'. 'musik terbaik (music director)'. Bisa dibilang film Bollywood turut membawa industri musik untuk terus tumbuh. Hubungan antara film dan music tuh udah di level 'saling'. Film India kayaknya bakalan hampa banget tanpa musik. Gak ramee brooo.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x