Mohon tunggu...
anisa wulandari
anisa wulandari Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Seorang anak yang masih terombang-ambing, punya niat tapi jarang mengeksekusi tulisannya. Dalam tulisan ini, mari menyelam bersama saya, barangkali sajak-sajak saya mewakili perasaan kamu, ikan hiu makan tomat ailepyu :)

Selanjutnya

Tutup

Games Pilihan

KIM: Games Adat Minang Berhadiah

22 Agustus 2022   15:59 Diperbarui: 22 Agustus 2022   16:02 138 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Permainan KIM. Sumber : dokpri

Sumatera Barat memang dikenal dengan adat dan budayanya, adat minang yang terkenal dengan motto "Adat basandi syara', syara' basandi kitabullah" ini memang selalu punya hal-hal yang menarik. 

Salah satunya adalah dalam permainan, KIM! Yuupp urang awak mana suaranyaa, yang sering ikut acara baralek tetangga nya dan di acara itu ada KIm nya pasti harus ikut dong yaa! 

KIM adalah singkatan dari Kesenian Irama Minang yang nantinya pemandu akan menggunakan pantun sambil bernyanyi dan di akhirnya akan menyebutkan angka mana yang keluar. 

Dalam KIM si tukang dendang ini akan mengocok tabung yang di dalamnya sudah berisi koin-koin angka sambil mendendangkan pantun dan lagu.

Biasanya KIM ini dijumpai diacara baralek (kondangan) ataupun untuk acara hiburan lainnya, untuk teknisnya nanti setiap peserta akan diberikan kupon yang berisi angka-angka dengan setiap lembaran nya memiliki warna yang berbeda-beda seperti yang ditampilkan foto diatas.

Angka tersebut terdiri dari angka 1-90 secara acak dimana setiap peserta akan mendapati nomor yang berbeda dengan peserta lain, dan peserta harus dengan seksama mendengarkan lagu yang dinyanyikan pendendang karena nantinya pendendang akan menyebutkan angka yang diambil dari sebuah tabung, nah disini kita harus benar-benar jeli mendengarkannya.

Dan jikalau di kupon terdapat nomor yang disebutkan oleh pendendang, maka nomor yang dikupon harus dilingkari atau boleh saja disilang. 

Kemudian, jika semua angka di kupon sudah dilingkari semua, maka si peserta harus bersorak ke si pendendang lagu ataupun ke panitia untuk berhenti bernyanyi sementara, karena nanti si pendengang lagu akan mengecek apakah angka kupon peserta tadi sudah terisi semua apa belum, jika dinyatakan sah, maka kita langsung dapat hadiahh! Hal yang paling bikin ketar-ketir adalah ketika coki dan ternyata si pendendang sudah menyuruh untuk ke hal berikutnya, nyesek emang:)

Untuk hadiah KIM tersendiri itu bervariasi tergantung budget yang dimiliki oleh si pemilik hajatan, biasanya terdapat hadiah dari yang paling kecil yaitu seperti barang pecah belah dan sampai yang mewwah yang saya temui adalah kipas angin, dispenser, dan kompor gas. 

But, for your info nih ges selama saya main kim ga pernah dapet:) HAHAHA belum rezeki nii

Mohon tunggu...

Lihat Konten Games Selengkapnya
Lihat Games Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan