PENDAHULUAN
Kemampuan siswa di sekolah khususnya kecerdasan dipengaruhi oleh proses belajar yang ditempuhnya. Proses belajar akan terbentuk berdasarkan pandangan dan pemahaman guru tentang karakteristik siswa dan juga hakikat pembelajaran. Guru harus memahami fungsi dan perannya dalam kegiatan belajar mengajar yaitu sebagai pembimbing, fasilitator, narasumber, atau pemberi informasi guna menciptkan proses belajar yang efektif, Proses belajar yang terjadi tergantung pada pandangan guru terhadap makna belajar yang akan mempengaruhi aktivitas siswanya. Dengan demikian, proses belajar perlu disesuaikan dengan tingkat perkembangan dan kemampuan siswa. Untuk mendukung hal tersebut, diperlukan pemahaman para guru mengenai karakteristik siswa dan proses pembelajaran, khususnya di SD kelas rendah.
Masa usia sekolah dasar sering pula disebut sebagai masa intelektual atau masa keserasian sekolah. Pada masa keserasian sekolah ini secara relatif anak-anak lebih mudah dididik dari pada sebelumnya dan sesudahnya. Anak SD yang berada di kelas rendah adalah anak yang berada pada rentang usia dini. Masa usia dini ini merupakan masa perkembangan anak yang pendek tetapi masa yang sangat penting bagi kehidupannya, oleh karena itu seluruh potensi yang dimiliki anak perlu didorong agar potensi anak akan berkembang secara optimal.
PEMBAHASAN
Karakter peserta didik menurut (Hamzah B. Uno 2008), adalah aspek-aspek atau kualitas perseorangan siswa yang terdiri dari minat, sikap, motivasi belajar, gaya belajar kemampua berpikir dan kemampuan awal yang dimiliki. Untuk kali ini akan membahas karakter peserta didik khususnya pada anak SD.
Sekolah Dasar (SD) merupakan lembaga pendidikan yang didirikan oleh pemerintah yang menyelenggarakan progam pendidikan selama 6 tahun bagi anak-anak usia 6-12 tahun. Yaitu mulai dari kelas 1 sampai 6 (Suharjo,2006:1) .Secara psikologis, periode ini dikategorikan Masa Kanak-kanak Akhir. Para pendidik masa tersebut sebagai Masa Sekolah Dasar sedangkan para psikolog menyebutnya sebagai Masa Berkelompok atau Masa Penyesuaian Diri.Sebutan Masa Sekolah Dasar, merupakan periode keserasian bersekolah, artinya anak sudah matang untuk bersekolah. Adapun kriteria keserasian bersekolah adalah sebagai berikut. Anak harus dapat bekerja sama dalam kelompok dengan teman-teman sebaya, tidak boleh tergantung pada ibu, ayah atau anggota keluarga lain yang dikenalnya. Secara jasmaniah anak sudah mencapai bentuk anak sekolah. Sementara itu sebutan Masa berkelompok dan Masa Penyesuaian Diri dikaitkan dengan keinginan anak-anak untuk diterima teman-teman sebayanya sebagai anggota kelompok, serta pentingnya penyesuaian diri di dalam kelompoknya. Setiap anak adalah pelajar yang unik, memiliki kepribadian singular, latar belakang pengalaman, dan cara belajar tertentu.
Berkaitan dengan lingkungan di sekolah, ada sejumlah karakteristik yang dapat diidentifikasi pada siswa SD berdasarkan kelas-kelas yang terdapat di SD.
Karakteristik pada Masa Kelas Rendah SD (Kelas 1,2, dan 3)
Ada hubungan kuat antara keadaan jasmani dan prestasi sekolah danÂ
Suka memuji diri sendiri
Apabila tidak dapat menyelesaikan sesuatu, hal itu dianggapnya tidak penting