Mohon tunggu...
Dian
Dian Mohon Tunggu... Berita Herbal

Dian

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Bagaimana Cara Memilih Produk Herbal yang Aman?

4 Juli 2020   09:26 Diperbarui: 4 Juli 2020   09:21 5 0 0 Mohon Tunggu...

Bagaimana cara memilih produk herbal yang aman?

1. Cek kemasannya

Pastikan kemasan dalam keadaan baik atau tidak sobek, berlubang, penyok dan berkarat. Selain itu cek juga tanggal kadaluarsanya. Jika membeli obat herbal, pastikan komposisinya terbuat dari 100% bahan alami.

2. Memiliki Izin edar

Pastikan produk herbal yang akan anda konsumsi memiliki izin edar dari BPOM.

3. Baca efek sampingnya

Meskipun obat herbal terbuat dari bahan alami, bukan berarti obat herbal tersebut tidak memiliki efek samping. Informasi mengenai efek samping obat herbal biasanya terdapat pada kemasan. Selalu berhati-hati dan cermat dalam memilih produk herbal. Sekarang ini banyak produk herbal yang terjual bebas di pasaran dan mengklaim bahwa produk tersebut tidak memiliki efek samping.

Contohnya adalah produk herbal pelangsing. Kemampuan maksimal obat pelangsing yang terbuat dari bahan alami bisa menurunkan berat badan hanya 2 -- 4 kg/bulan. Jika melebihi itu maka kemungkinan besar obat tersebut bukan terbuat dari bahan alami (bahan kimia). Bahan kimia tersebut bisa menimbulkan efek lainnya seperti Rahim menjagi kering, tidak nafsu makan karena fungsi obat pelansing tersebut dapat menekan nafsu makan.

Hati-hati dalam memilih produk herbal pelangsing yang mampu menurunkan berat badan 1 kg dalam 1 hari atau yang dapat menurunkan 15 kg s/d 20 kg jika mengkonsumsi obat herbal tersebut. Apalagi jika obat herbal pelangsing tersebut mempunyai klaim bisa untuk menahan nafsu makan. Biasanya obat herbal pelangsing yang mampu menahan nafsu makan memiliki kandungan bahan kimia seperti sibutramin.

Sibutramin sangat banyak terdapat pada obat penurun kelebihan berat badan atau obat diet. Sibutramin merupakan obat yang diindikasikan sebagai pengobatan adjuvant (tambahan) dalam membantu menurunkan kelebihan berat badan. Efek samping dari sibutramin tersebut yaitu jantung berdebar, sesak nafas, gelisah, halusinasi, gemeteran, demam, mulut kering, sakit dada, konstipasi, sakit kepala, pusing dan lainnya.

Penggunaan obat herbal akan berhasil jika kita telaten, karena bahan yang digunakan dari bahan alami yang prosesnya membutuhkan waktu agak lama dibanding dengan penggunaan obat kimia. jadi, kita perlu mewaspadai jika obat herbal tersebut memiliki kerja yang cepat seperti kebanyakan pada obat kimia yang memiliki reaksi lebih cepat disbanding dengan obat herbal. Selain itu, obat herbal yang dijual dengan harga tinggi belum tentu mempunyai kandungan yang baik bagi tubuh kita. Jika dipikirkan, bahan-bahan alami justru lebih murah dibandingkan dengan bahan kimia. jadi, harus lebih berhati-hati lagi dalam memilih obat herbal terutama jenis obat herbal yang harganya sangat tinggi hingga lebih dari Rp. 500.000.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x