Kesehatan

Suka Begadang? Ini Dampak Negatif Tidur Terlalu Malam

12 Juli 2018   15:02 Diperbarui: 12 Juli 2018   15:23 398 1 0
Suka Begadang? Ini Dampak Negatif Tidur Terlalu Malam
beritagar.id

Tidur terlalu  malam ternyata menimbulkan banyak dampak negatif untuk kesehatan manusia,  apalagi jika kita tidur terlalu malam dan ingin tetap bangun pada pagi  hari, padahal tubuh manusia butuh waktu tidur minimal 8 jam perhari.

Tidur dengan waktu yang  singkat membuat otak manusia  menjadi cepat lelah, sehinga sulit  untuk berkonsentrasi. Bukan hanya sulit berkonsentrasi saja, tetapi  masih banyak Dampak  negatif akibat tidur terlalu malam.

Menyebabkan Seseorang Mudah Depresi

Sebuah tim  peneliti di university Pennsylvania menemukan bahwa orang-orang yang  tidur kurang dari waktu normal atau kurang dari 5 jam perhari membuat  seseorang mudah sekali terkena depresi, sehingga mereka mudah sekali  terserang stress, sedih, marah, dan terlihat murung. 

Dampak negatif kurang tidur sangat mempengaruhi mental seseorang, penyakit kurang  tidur ini biasa disebut sebagai penyakit insomnia, hingga saat ini kurang  lebih 10.000 orang mengidap penyakit insomnia, padahal insomnia adalah  salah satu faktor utama seseorang cepat terkena depresi, oleh karna  itu untuk orang yang cepat mengalami dipresi disarankan untuk menambah  jam tidurnya di atas jam tidur normal lainya.

Menyebabkan seseorang menjadi cepat lupa atau pikun

Penelitian  di Amerika pada tahun 2009 menemukan bahwa di dalam otak manusia terdapat  pritiwa otak atau sering disebut sharp wave ripples, dimana pristiwa  otak ini adalah sistem pada otak yang bertanggung jawap menguatkan memori-memori  pada otak manusia, pristwa-pristiwa yang berfungsi untuk mentransfer  informasi --informasi yang masuk kedalam otak sehingga tersimpan lama  di dalam otak, oleh sebab itu untuk anda yang tidak ingin kehilangan  memori-memori terindah dalam hidup anda, jagalah jam tidur anda dengan  baik, agar dampak negatif akibat kurang tidur tidak terjadi pada anda. 

Menimbulkan masalah kesehatan yang serius

Inilah beberapa  penyakit akibat tidur terlalu malam:

  • Penyakit Jantung
  • Serangan Jantung
  • Stroke
  • Tekanan darah tinggi
  • Tekanan darah rendah
  • Penyakit diabetes
  • Detak jantung yang tidak teratur

Pada  seseorang yang menderita insomnia atau penyakit yang di tandai dengan  gejala sulit tidur, 80 persen mengidap penyakit serupa.

Memperpendek Umur

Di inggris,  penelitian Whitehall yang kedua menemukan bahwa, seseorang yang waktu  tidurnya kurang dari 7atau 8 jam perhari beresiko mengalami kematian  lebih cepat dibandingkan orang-orang yang tidur lebih cepat di bandinggkan  orang-orang yang tidur terlalu malam, hasil penelitian yang diberitahukan  pada tahun 2007akhir ini, menyatakan orang-orang yang kurang tidur adalah  orang-orang yang memiliki umur yang pendek. 

Mengurangi gairah Sex 

Untuk kalian  pria dan wanita yang sudah menikah, di anjurkan untuk tidak tidur larut  malam dan banggun terlalu pagi , hal ini di karenakan seseorang yang  waktu tidurnya kurang dari 7 jam perhari mengakibatkan libido pada tubuh  manusia berkurang banyak, sehingga mengurangi  gairah sex pada  anda yang memiliki waktu tidur yang singkat, bahkan bagi pria yang mengalami  penyakit sulit tidur akibat masalah pernapasan atau sleep apnea, mengakibatkan  gairah sex pada pria menurun drastis karena menurut Journal of Clinical  Endocrinology dan Metabolism yang di publis pada tahun 2002 pria yang  mengidap sleep apnea hanya memiliki kadar testeron rendah pada tubuhnya.

Untuk anda  yang memiliki kebiasaan tidur terlalu malam sebaiknya mulai sekarang  hindarilah kebiasaan- kebiasaan tersebut, karena banyak Dampak Negatif Akibat Tidur Terlalu Malam