Mohon tunggu...
WongCilik.id
WongCilik.id Mohon Tunggu... Simple and Ezy Reading

about me? seseorang yang suka menyederhanakan segala sesuatu :)

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Paskah 4.0?

4 April 2021   20:00 Diperbarui: 4 April 2021   20:18 87 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Paskah 4.0?
Paskah 4.0 - Arti Paskah / olahan pribadi

Apaan tuh Paskah 4.0? Mendifinisikan ulang arti Paskah dengan istilah kekinian tentunya :)

Paskah berbicara tentang anugerah, bagaimana Tuhan memberikan pengampunan dosa kepada kita (manusia) secara cuma-cuma, yang sebenarnya tidak layak untuk mendapatkannya.

Mengapa harus lewat pengorbanan kematian Yesus? Ini diluar ranah kita untuk mempertanyakan kepadaNya, karena adalah hak sepenuhnya Allah untuk menentukan caranya.

Paskah juga berbicara mengenai kebangkitan, yang bisa diartikan dalam beberapa sudut pandang, yaitu bukti akan adanya kehidupan setelah mati, maupun yang sederhana yaitu hidup baru/ kesempatan kedua setelah pengampunan dosa kita terima.

Masalahnya, arti Paskah yang klasik ini sudah menjadi hal rutinitas yaitu sebagai peringatan penderitaan Yesus dengan diputar kembalinya film The Passion, dst, dimana hal tersebut tentunya tidak salah, tetapi ada pertanyaan yang menggelitik untuk dijawab, yaitu :

Lalu apa dampaknya bagi kehidupan kita? Apa yang Tuhan inginkan melalui pengampunan dosa ini? Dosa yang mana? Lha kalo kita sadar saja tidak akan dosa kita, lalu bagaimana penebusan/pengampunan itu dapat terjadi?

Paskah di era modern ini secara sederhana dapat diartikan sebagai kesempatan bagi kita untuk menekan tombol "scan virus" alias mencari dan merenungkan dosa-dosa (virus) ataupun tindakan/pikiran salah (bila kita tidak merasa tindakan kita tidak salah2 amat sehingga harus masuk kategori dosa) apa saja yang kita lakukan setahun ke belakang, dimana perlu kita akui untuk menerima pengampunan dariNya.

Pengakuan = kesadaran bahwa hal yang kita lakukan adalah salah (dosa) adalah langkah awal pertobatan.

Setelah melakukan "scan virus"/evaluasi kehidupan kita setahun kebelakang dan mendapatkan hal-hal* apa saja yang salah, maka langkah selanjutnya adalah menekan tombol "restart" alias pertobatan.

*hal-hal disini bisa berupa tindakan maupun masih dalam alam pikiran

Pertobatan = meninggalkan tindakan salah tersebut dan berkomitmen untuk melakukan tindakan yang benar untuk kedepannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x