Mohon tunggu...
WON Ningrum
WON Ningrum Mohon Tunggu... Peace of mind, peace of heart...

Hello. Welcome to my blog. A little bit about me: I live in Indonesia. I have been working in education sectors (secondary and tertiary levels), management, training, as well as humanitarian works. I was particularly building my career as a counselor/therapy practitioner and at the same time as an educator. I like reading, writing, volunteering works and learning new things. That's why I'm keen to consider myself as a lifelong learner.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Berbuka Puasa Sambil Menyaksikan Matahari Terbenam di Pantai Losari

18 April 2021   00:22 Diperbarui: 18 April 2021   00:48 153 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berbuka Puasa Sambil Menyaksikan Matahari Terbenam di Pantai Losari
Ilustrasi foto: freepik.com

Salah satu tempat favorit penduduk kota Makassar untuk menikmati saat berbuka puasa adalah di Pantai Losari.

Pantai yang letaknya berada di pusat kota ini sangat mudah dijangkau, apalagi ada banyak pilihan kuliner yang berjejer rapi sepanjang pantai yang sangat khas kota Makassar.

Ditambah lagi kita bisa menyantap nikmat menu-menu buka puasa kita dengan penuh syukur sambil menyaksikan matahari terbenam di ufuk barat, lho!

Menu favorit yang bisa disantap antara lain: Pisang Epe, yakni pisang bakar yang kemudian dipipihkan dan diberi saus dari bahan gula merah dan kelapa atau kacang, yang sangat lezat dan gurih jika disajikan masih dalam keadaan panas atau hangat.

Di samping itu, menu favorit lainnya adalah Es Pisang Ijo. Es Pisang Ijo terbuat dari bahan dasar pisang kukus dari jenis pisang kepok atau pisang tanduk, yang dibalut dengan lapisan kulit tepung hijau, lalu diberi tambahan bubur sumsum yang terbuat dari tepung beras dan santan. Penyajiannya diberi es serut dan gula merah cair atau sirup merah yang nikmat.

Wah, tidak hanya itu. Masih ada beberapa menu favorit lainnya, seperti Coto Makassar, Es Kelapa Muda, Es Teler, Es Campur, Es Pallu Butung, yang mana semuanya adalah khas kota Makassar yang sangat berbeda dengan makanan atau minuman sejenisnya di kota lainnya. Ada juga jenis makanan berat, jika suka, seperti menu nasi dan ikan bakar atau lainnya.

Tidak lupa, setelah berbuka puasa di pinggir Pantai Losari, kita bisa menunaikan salat Maghrib di masjid Amirul Mukminin, sebuah masjid apung yang berdiri anggun di pinggir Pantai Losari.

Wisata kuliner di Pantai Losari di masa pandemi ini dibuka untuk umum. Hanya saja diharapkan tetap memperhatikan protokol kesehatan, ya.*

VIDEO PILIHAN