Mohon tunggu...
WON Ningrum
WON Ningrum Mohon Tunggu... Peace of mind, peace of heart...

Hello. Welcome to my blog. A little bit about me: I live in Indonesia. I have been working in education sectors (secondary and tertiary levels), management, training, as well as humanitarian works. I was particularly building my career as a counselor and a therapy practitioner, and also would like to pursue my specialisation in the field of Special Needs Education in the near future. I like reading, writing, volunteering works and learning new things. That's why I'm keen to consider myself as a lifelong learner.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Makna "Gong Xi Fa Cai" dan Tradisi "Pai Nian"

26 Januari 2020   19:30 Diperbarui: 26 Januari 2020   19:36 36 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Makna "Gong Xi Fa Cai" dan Tradisi "Pai Nian"
Ilustrasi foto: freepik.com

Tak terasa matahari beranjak semakin tinggi. Di pagi hari dan jelang siang sampai malam hari di perayaan Tahun Baru Imlek, orang-orang saling mengucapkan, "Gong Xi Fa Cai", yang artinya "Selamat dan sejahtera".  Jadi artinya bukan "Selamat Tahun Baru" seperti yang selama ini disalahartikan oleh orang-orang di masyarakat kita. 

Di perayaan Tahun Baru Imlek ini pula para penganutnya biasanya melakukan sebuah tradisi yang bernama "Pai Nian", yakni tradisi saling mengunjungi, dimana tradisi ini juga menjadi momen untuk merekatkan ikatan keluarga dan persaudaraan.

"Pai Nian" biasanya dilakukan orang yang lebih muda kepada orang-orang yang lebih tua. Namun tidak menutup kemungkinan berlaku sebaliknya. Dalam tradisi ini dipercayai bahwa relasi yang baik akan dapat memperlancar segala urusan dan menghadirkan kebahagiaan.

Tuanrumah akan menyambut kedatangan para tamu dengan hangat dan penuh kebahagiaan. Apalagi telah disiapkan beraneka ragam kue dan minuman khas Tahun Baru Imlek untuk dicicipi bersama.

Biasanya dalam melakukan tradisi "Pai Nian" keluarga atau kerabat serta tamu saling membagikan angpao. Saya pun ikut merasakan kebahagiaan yang tengah dirasakan oleh umat lain yang tengah merayakannya. Apalagi saya juga mendapatkan angpao, lho! Hehe... Artinya, saya ikut kecipratan makna dari "transfer energi dan kesejahteraan"!*

Referensi:

[1]

VIDEO PILIHAN