Mohon tunggu...
Wolastian Jati
Wolastian Jati Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Sebelas Maret

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa KKN Relawan UNS Lakukan Peningkatan Pemahaman Covid-19

10 Juli 2020   21:56 Diperbarui: 10 Juli 2020   21:45 10 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Relawan UNS Lakukan Peningkatan Pemahaman Covid-19
Penempatan tempat pencuci tangan dan pembagian masker berlogo

Pandemi Covid-19 memaksa seluruh agenda begitu juga dengan kegiatan perkuliahan berubah menjadi daring. Mulai dari kegiatan belajar mengajar, sidang, wisuda, hingga Kuliah Kerja Nyata. Universitas Sebelals Maret (UNS) sebagai salah satu universitas atau perguruan tinggi di Indonesia membuat sebuah model terhadap kegiatan Kuliah Kerja Nyata di masa pandemi ini. 

Program yang dinamakan KKN Relawan UNS Tanggap Wabah Covid-19. Melalui Program ini mahasiswa dapat melaksanakan KKN di lingkungan rumahnya masing-masing. Kegiatan ini dilaksanakan selama 45 hari mulai dari 15 Mei sampai dengan 30 Juni 2020.

Pandemi Covid-19 memaksa seluruh agenda begitu juga dengan kegiatan perkuliahan berubah menjadi daring. Mulai dari kegiatan belajar mengajar, sidang, wisuda, hingga Kuliah Kerja Nyata. 

Universitas Sebelals Maret (UNS) sebagai salah satu universitas atau perguruan tinggi di Indonesia membuat sebuah model terhadap kegiatan Kuliah Kerja Nyata di masa pandemi ini. 

Program yang dinamakan KKN Relawan UNS Tanggap Wabah Covid-19. Melalui Program ini mahasiswa dapat melaksanakan KKN di lingkungan rumahnya masing-masing. Kegiatan ini dilaksanakan selama 45 hari mulai dari 15 Mei sampai dengan 30 Juni 2020.

Salah satu peserta KKN Relawan UNS Tanggap Wabah Covid-19 adalah Wolastian Jati Risdianto dari Fakultas Hukum UNS dan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Dr. Roemintoyo, S.T., M.Pd. melakukan kegiatan KKN yang berlokasi di RW 08 Lingkungan Pandansari, Keluarahan Sumberrejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

RW 08 Lingkungan Pandansari Keluarahan Sumberrejo yang menjadi bagian dari Kabupaten Magelang memilki kasus positif Virus Corona yang tidak banyak. Akan tetapi warga harus tetap waspada karena virus dapat datang kapan saja. Maka dari itu berbagai upaya pencegahan dan protokol kesehatan harus dipatuhi warga seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer dan phisical distancing.

Upaya pencegahan yang dilakukan oleh masyarakat RW 08 Lingkungan Pandansari, Keluarahan Sumberrejo bersama Mahasiswa KKN Relawan UNS Tanggap Wabah Cobid-19 yaitu mengenakan masker yang berlogo sebagai identitas desa, pengadaan tempat pencuci tangan menggunakan ember cat, penebarluasan informasi pencegahan Covid-19 melalui banner dan dari media sosial, pembuatan handsanitizer dan dibagikan ke warga terdekat, penyemprotan disinfektan. Kegiatan-kegiatan tersebut diperuntukan untuk masyarakat RW 08 Lingkungan Pandansari, Keluarahan Sumberrejo baik anak-anak ataupun sudah dewasa. Masyarakat dalam hal ini sangat berantusias dalam kegiatan pencegahan Covid-19 ini.

Kegiatan-kegiatan pencegahan ini diharapkan dilaksanakan secara berlanjut agar dapat memutus rantai virus terkhusus di Kabupaten Magelang sehingga RW 08 Lingkungan Pandansari juga dapat terhindar dari Virus Covid-19. 

Walaupun banyak kendala dalam pelaksanaannya, tetapi kegiatan-kegiatan pencegahan dapat dilaksanakan. Peran pemuda desa dalam kegiatan pencegahan ini sangat berpengaruh di berbagai kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19 di RW 08 Lingkungan Pandansari, Keluarahan Sumberrejo

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x