Mohon tunggu...
Wahyu Asafurla
Wahyu Asafurla Mohon Tunggu... Pelajar

Tandang gelanggang walau sorang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Manusia Indonesia

7 Desember 2019   22:23 Diperbarui: 7 Desember 2019   22:26 36 0 0 Mohon Tunggu...
Manusia Indonesia
dok. pribadi

Manusia Indonesia buku nya Mochtar Lubis.buku yang menarik,menceritakan tentang ciri dan sikap berperilaku manusia Indonesia. Bukunya Mochtar Lubis manusia Indonesia ini memilki 140 halaman. 

Dari  buku ini,dapatlah disimpulkan yang di maksud oleh Mochtar Lubis sebagai manusia Indonesia,manusia yang distereotipkan.kalau kata Walter lippmann seperti yang tergambar dalam benak "pictures in our head".

   Enam sifat manusia Indonesia oleh Mochtar Lubis adalah:

1.Munafik atau Hipokrit,yang diantaranya menampilkan dan menyuburkan sikap ABS,asal bapak senang

2.enggan dan segan bertanggung jawab atas perbuatannya

3.bersikap dan berperilaku feodal

4.percaya takhayul

5.artistik,berbakat seni

6.Lemah watak atau karakternya.

Stereotip tidak selurunya  benar, tidak pula seluruhnya salah.Stereotip tumbuh dalam benak orang karna pengalaman, observasi, tetapi juga oleh prasangka dan generalisasi. Menurut Jokob Oetama beliau cenderung berpendapat, stereotip bermanfaat sebagai tolak serta bahan pemikiran dan penilaian secara kritis, maka aktual dan relevanlah buku ini.

  Nampak  Hadirnya dua gejala dalam perkembangan masyarakat.Di satu sisi tumbuh dan meluasnya sosok manusia Indonesia baru,bukan saja berpendidikan, tetapi juga kritis, berupaya meninggalkan sifat-sifat lama.Berorientasi kuat kepada kinerja.bersikap fair,menuntut tetapi juga bekerja dan berprestasi.berani dan bergantung jawab.      

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x