Mohon tunggu...
Wizam Robbani
Wizam Robbani Mohon Tunggu...

No days without writing

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

3 Manfaat Ikan Asin Bagi Tubuh Jika Dikonsumsi Secara Rutin

2 Maret 2016   14:26 Diperbarui: 2 Maret 2016   16:33 0 2 2 Mohon Tunggu...

 

 [caption caption="Produksi ikan asin di turun jawa via kkpnews.kkp.go.id"][/caption]

 

Banyak dari sebagian masyarakat mungkin masih menganggap remeh dengan salah satu jenis lauk olahan Indonesia ini. Yups, ikan asin. Lauk ini dipandang sebelah mata karena memberikan kesan layaknya lauk bagi kalangan kurang mampu.

Selain harga jual ikan asin murah, salah satu sebab mengapa ikan asin ini populer yakni terdapat pada rasanya yang unik dan tentunya asin di lidah. Sehingga hasil olahan ikan ini layak sebagai lauk atau bahkan campuran dalam sayuran, misal sayur asem.

Proses pembuatan ikan asin bermula dengan cara diasinkan. Lalu dijemur selama beberapa hari agar ikan tersebut dapat bertahan lama atau tidak basi dalam kurun waktu yang sangat pendek. Berbeda halnya dengan ikan segar lainnya yang hanya mampu bertahan sekitar tiga sampai empat hari saja jika ditempatkan di udara terbuka.

Nah, untuk kesempatan kali ini saya tidak akan meneruskan tulisan pada artikel ini tentang bagaimana cara membuat ikan asin. Akan tetapi, saya akan menulis tentang apa saja  manfaat ikan asin jika dikonsumsi oleh manusia. Penasaran bukan? Yuk, simak selengkapnya.

1. Dapat Digunakan Sebagai Lauk

Ikan asin akan lebih nikmat jika disandingkan dengan nasi putih beserta sambal tomat yang nikmat. Hidangan tersebut merupakan salah satu dari beragam cara dari setiap orang yang akan mengkonsumsi ikan asin ini. Lain dari pada itu, ikan asin juga bisa digunakan sebagai bahan campuran dari beragam jenis masakan. Cita rasa masakan akan semakin bertambah jika komposisinya pas dan sesuai dengan lidah kita.

2.  Memperbaiki Kesehatan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium dan fosfor dalam ikan asin dapat dikatakan memiliki jumlah yang lumayan tinggi. Berbagai fakta menyatakan jika ikan asin kering sebanyak 100 gram ternyata mengandung fosfor sebesar 300mg, ditambah lagi dengan adanya kalsium sekitar 200mg. Kalsium dan fosfor, kedua kandungan pada ikan asin tersebut memiliki manfaat penting pada kesehatan tulang dan gigi kita. Diantaranya adalah:

  • Mencegah cacat tulang dan osteoporosis
  • Menegakkan struktur tulang
  • Menambah tinggi bada saat usia pertumbuhan

3.  Memperlancar Sekaligus Mempercepat Penyembuhan Luka

Tak hanya baik untuk tulang, ikan asin juga dapat membantu tubuh dalam penyembuhan luka. Akan tetapi, manfaat tersebut tidak berlaku jika seorang hemofilia mengkonsumsi makanan ini.  Ikan asin memiliki sejumlah kandungan zat besi yang berfungsi sebagai penyembuh luka. Tak tanggung-tanggung, jumlah kandungan zat besi tersebut berkisar antara 3 milligram hingga 100 millligram.

 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x