Mohon tunggu...
Lamige Aprilianna Wiwit
Lamige Aprilianna Wiwit Mohon Tunggu... Guru - Guru/SMP Stella Duce 1 Yogyakarta

keen traveler

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Milo Dinosaurus, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

4 Maret 2023   17:18 Diperbarui: 4 Maret 2023   17:23 1332
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada hari pertama sosialisasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), aku mendapat anggota kelompok yang sepertinya sudah sangat siap, karena ide-ide yang mereka berikan untuk P5 kali ini sangat bermacam-macam. 

Hari berikutnya, untuk bisa membandingkan UKM yang ada di daerah rumahku dengan UKM yang ada di Teras Malioboro, semua siswa kelas 7 pergi ke Teras Malioboro untuk mewawancarai penjual yang ada di sana. 

Milo Dinosaurus: Belajar dari Kritikan

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Setelah mewawancarai penjual di Teras Malioboro, aku dan kelompokku berdiskusi untuk menentukan UKM mana yang akan kami pilih, dan jadilah kami memilih UKM yang ada di daerah rumahku dan memilih salah satu menunya yaitu 'Milo Dinosaurus' untuk menjadi produk UKM kami. 

Hari ketiga dan keempat, kami ditugaskan untuk mengolah hasil wawancara kami, lalu diubah menjadi sebuah presentasi untuk sharing dengan kelompok lainnya. Setelah presentasi dan mendapatkan banyak saran dari kelompok lain, kami akan membuat modul tentang produk yang sudah dipilih.

Kami juga mempresentasikannya dengan metode 'Two Stay Two Stray'. Di hari kelima yaitu hari terakhir pada minggu pertama kami melakukan uji coba produk yang pertama. 

Pada saat itu sebenarnya penampilan dari produk kelompokku bisa terbilang cukup bagus. Tetapi, pada saat kelompok lain mencicipi, ternyata banyak yang berkomentar rasanya hambar, terlalu banyak toping, dan lainnya. 

Walaupun sempat sedih dengan komentar itu, tapi justru itu membuat kelompokku menjadi belajar dari kesalahan, mulai dari mengurangi penggunaan susu dan lain sebagainya. P5 minggu pertama pun selesai.

Uji Coba dan Menghias Stand

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Minggu kedua pun dimulai. Hari pertama tidak ada kegiatan yang berat, hanya diawali dengan materi tentang harga jual, desain kemasan, dan juga tentang digital marketing

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun