Mohon tunggu...
Wiwin Husnul Hotimah
Wiwin Husnul Hotimah Mohon Tunggu... Pengin beli truk ihhh😣

Kamu bukan apa apa di mata orang lain, maka dari itu berusahalah agar orang lain mengenalmu.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Perkembangan Bahasa Indonesia di Mancanegara

9 Maret 2021   16:33 Diperbarui: 9 Maret 2021   21:42 188 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perkembangan Bahasa Indonesia di Mancanegara
POSTED BY SABRINAFITRIA

Bahasa merupakan salah satu faktor yang tidak akan terlepas dalam hubungan antarnegara. Indonesia yang ikut dalam hubungan komunikasi antarbangsa membuat bahasa Indonesia di kenal di luar negeri. Tidak hanya di Asia, bahasa Indonesia juga di kenal di luar Asia seperti Autralia. Banyak negara yang sudah meresmikan Bahasa Indonesia diberbagai kampus dan sekolah khusus lainnya.


Namun di dalam negeri sendiri, bahasa Indonesia cenderung diremehkan dan engan untuk mempelajari bahasa Indonesia lebih dalam. Para pelajar ataupun kalangan masyarakat beranggapan bahwa  bisa bahasa Indonesia itu sudah cukup dan tidak perlu dikembangkan lagi. Pelajar lebih beranggapan belajar bahasa asing lebih penting dari bahasa sendiri.


Berbanding sangat terbalik, bahasa Indonesia justru menjadi bahasa yang menarik dan diminati di luar negeri. Ada sekitar 52 negara yang telah meresmikan program bahasa Indonesia, baik berupa tempat kursus, universitas, sekolah dan lainnya. Sejak dibentuknya Badan Asosiasi Kelompok Bahasa Indonesia Penutur Asing di Bandung pada tahun 1999 dan terbukanya pintu bagi warga asing untuk bekerja di Indonesia, membuat perkembangan bahasa Indonesia semakin banyak peminatnya dari tahun ke tahun.


Bahasa Indonesia juga menjadi bahasa resmi di daerah ibukota Vietnam, yaitu di Kota Ho Chi Mint. Bahasa indonesia setara dengan bahasa Inggris, Perancis, dan Jepang yang menjadi bahasa ke-2 setelah bahasa Vietnam sendiri. Selain di Vietnam, bahasa Indonesia juga menjadi bahasa populer ke-4 di kalangan masyarakat Autralia. Banyak universitas dan sekolah yang mewajibkan muridnya mempelajari bahasa Indonesia. Jadi tidak heran lagi, jika kita melihat anak remaja yang bisa berbahasa Indonesia.


Di Korea Selatan sendiri yang dijuliki sebagai kiblat dunia musik Kpop, kini masyarakatnya banyak yang berminat belajar bahasa Indonesia. Terlebih lagi banyaknya YouTuber Korea Selatan yang menggunakan bahasa Indonesia dalam kontennya. 


Perkembangan bahasa indonesia di Mancanegara menjadi peluang yang besar bagi bahasa Indonesia menjadi Bahasa Internasional. Namun usaha tersebut harus di awali dari bangsa Indonesia itu sendiri. Sebagai anak bangsa yang cinta akan tanah air, harusnya mempelajari dan mengembangkan bahasa indonesia dengan baik. Namun kenyataannya masyarakat lebih mengenal bahasa Indonesia yang kurang baik tutur katanya, tataran penerapan EYD, dan penerapan kata pelesetan. Dan terlebih lagi beranggapan bahasa asing lebih dibanggakan daripada bahasa sendiri, yang membuat bahasa Indonesia terkikis di dalam negerinya sendiri. Sungguh miris bukan?!


Oleh karena itu, saya sebagai penulis dan anda sebagai pembaca, mari pelajari bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam kehiduapan sehari hari. Tidak perlu berkecil hati menggunakan bahasa Indonesia, karena bahasa Indonesia telah banyak di minati di berbagai negara. Dan di era globalisasi saat ini, mari kiprahkan eksistensi bahasa Indonesia lebih luas lagi. Bahasa adalah cerminan bangsa, berbahasalah yang baik maka bangsamu akan baik pula di mata dunia.

Penulis : Wiwin Husnul Hotimah

(Mahasiswa Universitas Pamulang, Sastra Indonesia)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x