Mohon tunggu...
Wina Ramadhani
Wina Ramadhani Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance Writer

Bercita-cita untuk terus membaca.

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Melihat Obsesi Bekerja dalam "Fiksi." Karya Mouly Surya

21 Agustus 2021   12:10 Diperbarui: 23 Agustus 2021   19:00 481 17 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Melihat Obsesi Bekerja dalam "Fiksi." Karya Mouly Surya
Ladya Cheryl dalam film "Fiksi." Sumber: IMDb via Kompas.com

Obsesi kerap kali berperan semaunya. Ia adalah keinginan berlebihan yang sulit dikendalikan.

---

"Fiksi", adalah sebuah rekaan, karangan, khayalan, atau tidak berdasarkan kenyataan. Itulah deretan pengertian yang diberikan KBBI untuk kata ini. Tapi, yang akan dibahas kali ini adalah "Fiksi.", satu dari sekian sinema Indonesia yang terbit pada pertengahan tahun 2008.

"Karangan" apik ini disutradarai oleh Mouly Surya dan memenangkan empat penghargaan di Festival Film Indonesia 2008.  Tidak hanya itu, "Fiksi." juga mendapatkan penghargaan "Sutradara Terbaik" dari JiFFest.

Sinopsis 

Film ini menyajikan kisah seorang Alisha (diperankan oleh Ladya Cheryl) yang merupakan anak dari seorang yang kaya raya. Meski begitu, Alisha tidak tampak bahagia dengan kehidupannya.

Sehari-hari Alisha ditampilkan menghabiskan waktu dengan bermain cello atau menyendiri bersama boneka-bonekanya. Di kesehariannya, ia hanya ditemani oleh seorang penjaga dan sopir yang siap siaga menemaninya ke mana pun.

Kebosanan Alisha mulai pudar sedikit demi sedikit sejak datangnya seorang pembersih kolam baru di rumahnya yang bernama Bari (diperankan oleh Donny Alamsyah). Sejak inilah petualangan Alisha dimulai.

Ketertarikan Alisha pada Bari membuatnya seolah punya semangat baru. Awalnya, Alisha hanya memandangi Bari setiap kali pria itu datang ke rumahnya. Namun kelamaan, Alisha memberanikan diri untuk menguntit Bari.

Tidak makan waktu lama, Alisha akhirnya kabur dari rumah dan tinggal di rumah susun tempat Bari dan pacarnya tinggal. Alisha bahkan tinggal tepat di sebelah kamar Bari.

Dari sinilah, penonton bisa melihat bagaimana obsesi bekerja. Obsesi mendorong Alisha untuk terlibat dalam hidup dan karya sang pujaan hati, yang berjudul "Fiksi".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan