Mohon tunggu...
WIWIN
WIWIN Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN_WIWIN

Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021, Penerapan Minggu Kreasi Alam Saat Libur Sekolah RA As-Salam di Masa Pandemi Covid-19, Lebak-Banten

24 Juli 2021   09:44 Diperbarui: 24 Juli 2021   10:05 65 1 0 Mohon Tunggu...

KKN TEMATIK UPI 2021,Penerapan Minggu Kreasi Alam Saat Libur Sekolah

RA As-Salam di masa Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 sudah berlangsung 1 tahun lebih ,kemunculan covid sendiri di Indonesia mulai pada bulan Maret tahun 2020 hingga saat ini sudah berganti tahun yaitu bulan Juli 2021, sejak adanya wabah pandemi Covid  ini pihak Kementrian Pendidikan dan  Budaya telah  mensepakati aturan baru yaitu sistem  pembelajaran semua dilakukan secara daring (dalam jaringan) .

Pembelajaran daring itu sendiri berarti semua pembelajaran dilakukan secara jarak jauh melalui jaringan internet yang mendukung pembelajaran jauh untuk mengakses suatu media pembelajaran demi terwujudnya interaksi antara guru dan siswa dalam jarak jauh.

Tidak mudah memulai sesuatu yang biasanya tatap muka namun karena adanya pandemi Covid-19 ini semua dilakukan secara online,seperti pembelajaran daring,work from home,hingga membeli kebutuhan rumahpun harus dilakukan secara online atau pemesanan melalui berbagai merchant yang menyediakan bahan-bahan pokok.

Begitupun yang sedang berlangsung di sekolah RA As-Salam yang berada di Kabupaten Lebak,sekaligus menjadi tempat sasaran KKN TEMATIK UPI,semua pembelajaran dilakukan secara daring,demi terjaganya dan mencegah penyebaran virus Covid-19 ini,setelah koordinasi dan sedikit berbincang dengan Kepala Sekolah RA As-Salam ini,beliau mengatakan beberapa keluhannya mengenai system baru yang telah di tetapkan Pemerintah dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengai pembelajaran semua di lakukan secara daring. Salah satu keluhannya yaitu terbatasnya kuota internet yang siswa atau anak usia dini butuhkan untuk berinteraksi dengan guru di media whatsapp,namun tidak hanya itu ada keluhan yang lain juga yang cukup menantang saya untuk berkreasi ,keluhannya yaitu anak cepat bosan saat melakukan pembelajaran secara daring.

Dengan adanya pandemi  Covid-19 ini ,memutar otak  180 demi menciptakan suatu pembelajaran yang baik dan menyenangkan untuk anak usia dini,karena itulah saya membuat program kerja di KKN TEMATIK UPI ini saya beri nama yaitu "Minggu Kreasi Alam" ,yang cukup untuk mengisi waktu kosong anak usia dini di waktu liburan sekolah dan hanya dilakukan di rumah dan mengirimkan hasil karyanya ke media Whatsapp.

Minggu kreasi alam,yaitu sebuah program kerja yang di buat untuk mengisi waktu kosong siswa di RA As-Salam ,dimana kegiatan ini dilakukan pada hari minggu secara daring melalui media yaitu Grup Whatsapp ,siswa di RA As-Salam melakukan kegiatan ini dengan semangat,merupakan hal baru dan menyenangkan dengan pengenalan Minggu Kreasi Alam ini,dimana anak mencoba membuat suatu prakarya dengan ,Mencari,Mengumpulkan,Membedakan bentuk hingga Menempel ,Anak memulai kegiatan dengan menyiapkan kertas HVS ,Lem,dan 5 bentuk daun yang berbeda. Anak mecoba mencari beberapa bentuk daun di sekitar rumah lalu menempelkan daun tersebut di atas kertas HVS.

Kegiatan ini merupakan penerapan program kerja di KKN TEMATIK UPI yang sedang saya jalani saat ini,program ini di buat semata-mata untu mengisi waktu liburan siswa di RA As-Salam,dengan adanya program ini anak dapat mengisi waktu liburan dengan kegiatan yang menyenangkan,bermanfaat  dan cukup explore sekitar rumah demi mendapatkan beberapa bentuk daun yang berbeda.

Tujuan program Minggu Kreasi  Alam  :

  • Mengenalkan nama-nama benda yang dibutuhkan
  • Menambah pengetahuan dan kreatifitas anak
  • Mengenalakan alam pada anak usia dini
  • Memberikan kegiatan yang berkualitas untuk anak usia dini
  • Melatih motoric halus anak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN