Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Portugal Jadi Tim ke-3 yang Lolos ke Babak 16 Besar

29 November 2022   06:00 Diperbarui: 29 November 2022   06:32 226
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cristiano Ronaldo, pencetak gol pertama Portugal ke gawang Uruguay (Sumber: kompas.com)

Portugal berhadapan dengan Uruguay dalam laga kedua fase Grup H Piala Dunia 2022 Qatar, Selasa dini hari WIB (29/11). Dalam laga tersebut Portugal berhasil mengalahkan salah satu wakil Amerika Selatan yang tergabung dalam konfederasi CONMEBOL itu dengan skor 2-0.

Kedua gol Portugal dicetak oleh sang mega bintang Cristiano Ronaldo dan Bruno Fernandez. Ronaldo mencetak gol pertama Portugal di menit ke-54. Sementara Bruno Fernandez mencetak gol kedua Brasil di menit ke-90+3 melalui titik penalti.

Wasit memberikan tendangan penalti kepada Portugal karena pemain belakang Uruguay Jose Gimenez tanpa sengaja melakukan handsball di area terlarang. Gimenez terjatuh dan tangannya menyentuh bola.

Kemenangan atas Uruguay tersebut membuat Portugal dapat tambahan tiga poin. Sehingga raihan poin Portugal menjadi 6 poin dan tetap memuncaki posisi teratas Grup H.

Dengan hasil itu Portugal memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Sebab raihan poin Portugal sudah aman. Kalau pun Portugal kalah di laga terakhir lawan Korea Selatan (2/12), raihan poin Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan tidak akan terlampaui lagi oleh dua tim terbawah di Grup H.

Portugal dengan demikian menjadi tim ketiga yang lolos ke babak 16 besar. Sebelumnya juara bertahan Perancis yang tergabung di Grup D dan Brasil di Grup G telah memastikan diri lolos ke babak 16 besar.

Lolosnya Portugal lebih awal ke babak 16 besar mungkin tidak terlalu mengejutkan. Sebab Portugal merupakan tim unggulan di Grup H.

Di Piala Dunia 2022 Qatar ini Portugal bisa melangkah lebih jauh jika terus tampil konsisten. Apalagi jika termotivasi oleh pemain bintang mereka Cristiano Ronaldo yang mungkin tidak akan bermain lagi di Piala Dunia edisi selanjutnya.

Namun persaingan untuk bisa meraih trofi di Piala Dunia 2022 tentu tidak pernah mudah. Sebab tim-tim raksasa sepak bola lainnya siap menghadang. Terutama Perancis dan Brasil yang memang telah membuktikan diri sebagai tim yang harus diperhitungkan, karena lolos paling awal ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Prestasi terbaik Portugal selama keikutsertaannya di Piala Dunia sejauh ini adalah peringkat ke-3. Hal itu Portugal raih ketika Piala Dunia 1966 di Inggris. Hebatnya, saat itu Portugal merupakan tim debutan di Piala Dunia 1966.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun