Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Piala Dunia 2022 Milik Tim Samba?

15 November 2022   06:08 Diperbarui: 15 November 2022   07:04 309
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Skuad Tim Samba Brasil (Sumber: tribunnews.com)

Sejauh ini Brasil merupakan negara paling banyak menjuarai Piala Dunia. Brasil yang berjuluk Tim Samba itu sudah lima kali mengangkat trofi Jules Rimet.

Brasil jadi juara Piala Dunia di tiga benua yang berbeda. Di benua Amerika tiga kali, di benua Eropa satu kali, dan di benua Asia satu kali.

Brasil jadi juara Piala Dunia pertama kali justru di benua Eropa, yakni tahun 1958 ketika penyelenggaraan Piala Dunia dilangsungkan di Swedia. Kemudian tahun 1962 ketika penyelenggaraan Piala Dunia dilangsungkan di Chili.

Selanjutnya tahun 1970 dan tahun 1994 ketika penyelenggaraan Piala Dunia dilangsungkan di Meksiko dan di Amerika Serikat. Terakhir, tahun 2002 ketika penyelenggaraan Piala Dunia dilangsungkan pertama kali di benua Asia, yakni di Korea Selatan dan Jepang.

Tak ada negara lain yang mampu menyamai Brasil. Tidak Jerman, tidak pula Italia. Jerman hanya mampu jadi juara Piala Dunia di dua benua, yakni di benua Eropa tiga kali (tahun 1954 di Swiss, tahun 1974 di Jerman Barat, dan tahun 1990 di Italia) dan di benua Amerika satu kali (tahun 2014 di Brasil).

Malahan Italia, dari empat kali juara Piala Dunia tak pernah di benua yang berbeda. Italia jadi juara Piala Dunia keempatnya di benua Eropa (tahun 1934 di Italia, tahun 1938 di Perancis, tahun 1982 di Spanyol, dan tahun 2006 di Jerman).

Brasil memang lebih lengkap dari negara lain. Baik dari segi banyaknya gelar juara maupun dari segi tempat ketika jadi juara.

Brasil juga merupakan negara pertama yang mendongkrak "tradisi" di Piala Dunia. Biasanya jika Piala Dunia di selenggarakan di benua Amerika, maka yang jadi juara adalah negara dari benua Amerika juga. Begitu pula jika Piala Dunia di selenggarakan di benua Eropa, maka yang jadi juara adalah negara dari benua Eropa juga.

Tapi Brasil mendongkrak "tradisi" itu di tahun 1958 ketika Piala Dunia diselenggarakan di Swedia (Eropa). Tim Samba juara Piala Dunia di sana untuk pertama kalinya. Di final Brasil mengalahkan Swedia dengan skor telak 5-2. Padahal saat itu Swedia lebih diunggulkan daripada Tim Samba.

Dan di saat itulah munculnya legenda sepak bola Brasil sekaligus legenda sepak bola dunia, yakni Adson Arantes do Nascimento atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pele. Berkat dua gol yang dilesakkan Pele ke gawang tuan rumah Swedia, Brasil berhasil jadi juara dunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun