Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Para Mantan Juara Liga Champions "Reunian" di Liga Eropa UEFA

4 November 2022   10:17 Diperbarui: 4 November 2022   10:21 220
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Fase grup Liga Champions UEFA sudah berakhir. Begitu pula dengan fase grup Liga Eropa UEFA. Fase grup Liga Champions UEFA berakhir pada tanggal 3 November 2022. Sedangkan fase grup Liga Eropa UEFA berakhir satu hari setelahnya.

Di Liga Champions, dua tim teratas tiap grup berhak melaju ke fase selanjutnya, yakni fase knockout 16 besar. Sementara itu di Liga Eropa, hanya satu tim yang menempati posisi pertama lah yang berhak melaju ke fase selanjutnya, fase knockout 16 besar.

Artinya di Liga Eropa saat ini baru ada delapan tim yang secara otomatis melaju ke fase knockout 16 besar. Bagaimana delapan tim lainnya untuk melengkapi jadi 16 tim fase knockout 16 besar?

Delapan tim yang akan melengkapi delapan tim lainnya yang sudah otomatis menyabet tiket fase knockout 16 besar akan ditentukan melalui babak play off antara tim peringkat ketiga tiap grup peserta Liga Champions dengan delapan tim peringkat kedua tiap grup peserta Liga Eropa.

Delapan tim peringkat ketiga tiap grup dari Liga Champions dan delapan tim peringkat kedua tiap grup dari Liga Eropa akan diundi untuk saling memperebutkan delapan tiket ke fase knockout 16 besar Liga Eropa. Delapan tim pemenang babak play off nanti akan bergabung dengan delapan tim peringkat pertama tiap grup Liga Eropa di fase knockout 16 besar Liga Eropa.

Berdasarkan hasil akhir pertandingan fase grup Liga Champions, tim yang menempati peringkat ketiga dari tiap grup adalah Ajax Amsterdam (Grup A), Bayern Leverkusen (Grup B), Barcelona (Grup C), Sporting CP (Grup D), RB Salzburg (Grup E), Shakhtar Donetsk (Grup F), Sevilla (Grup G), dan Juventus (Grup H).

Sementara itu berdasarkan hasil akhir pertandingan fase grup Liga Eropa, tim yang menempati peringkat kedua dari tiap grup adalah PSV Eindhoven (Grup A), Rennes (Grup B), AS Roma (Grup C), Union Berlin (Grup D), Manchester United (Grup E), Midtjylland  (Grup F), Nantes (Grup G), dan AS Monaco (Grup H).

Dengan demikian Ajax Amsterdam, Bayern Leverkusen, Barcelona, Sporting CP, RB Salzburg, Shakhtar Donetsk, Sevilla, dan Juventus masing-masing akan menghadapi satu tim dari peringkat kedua dari tiap grup Liga Eropa. Mereka itu adalah PSV, Rennes, AS Roma, Union Berlin, Manchester United, Midtjylland, Nantes, dan AS Monaco.

Pengundian (drawing) babak play off akan dilakukan pada tanggal 7 November 2022. Pertandingan pertama babak play off akan dilangsungkan pada tanggal 16 Pebruari 2023. Sedangkan pertandingan kedua akan dilangsungkan pada tanggal 23 Pebruari 2023.

Akan tetapi kendati berasal dari Liga Champions, Ajax Amsterdam, Bayern Leverkusen, Barcelona, Sporting CP, RB Salzburg, Shakhtar Donetsk, Sevilla, dan Juventus bukanlah tim unggulan di babak play off. Sebab tim unggulan di babak play off adalah tim peringkat kedua Liga Eropa, yakni PSV, Rennes, AS Roma, Union Berlin, Manchester United, Midtjylland, Nantes, dan AS Monaco.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun