Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Hindari Makan dan Minum Berlebihan

27 September 2022   14:44 Diperbarui: 27 September 2022   19:12 126 22 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi aneka makanan manis (Sumber: SHUTTERSTOCK/PRESSMASTERP via kompas.com)

Sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik, dalam hal apa pun. Termasuk dalam hal makan dan minum.

Setiap hari kita perlu makan dan minum, tapi dalam batas yang normal. Tidak kurang dan tidak pula berlebihan. Artinya makan dan minum secukupnya, sesuai kebutuhan tubuh kita.

Selain itu tentu saja penting untuk diperhatikan juga adalah kandungan gizi dari makanan dan minuman itu. Jangan asal makanan atau minuman yang kita makan itu enak, tapi gizinya sedikit atau kurang.

Kalau kita mengkonsumsi makanan atau minuman yang gizinya sedikit atau kurang, apalagi tidak ada, maka tak ubahnya kita mengkonsumsi sampah. Bukannya tubuh kita menjadi sehat, yang ada malah menjadi sakit.

Makanan atau minuman yang bergizi tinggi tidak tergantung kepada harganya. Makanan atau minuman yang mahal belum tentu gizinya banyak. Bisa saja makanan atau minuman murah yang justru memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi atau memadai.

Dalam hal ini kita harus pintar memilah dan memilih makananan atau minuman yang kita konsumsi setiap hari. Jangan sampai tubuh kita malah menjadi sakit akibat mengkonsumsi makanan atau minum minuman itu.

Penting untuk diperhatikan juga adalah makanan atau minuman yang kita konsumsi jangan sampai mengandung gula yang berlebihan. Gula memang enak, manis, tapi jika terlalu banyak masuk ke dalam tubuh kita efeknya akan fatal.

Jika kita mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu banyak mengandung gula, banyak penyakit yang akan menghampiri. Penyakit yang lazim yang disebabkan asupan gula berlebihan adalah penyakit diabetes.

Berdasarkan data WHO (World Health Organization) yang dirilis hellosehat.com, diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di Indonesia. Diabetes menempati urutan ketiga setelah stroke dan jantung koroner.

Penyakit diabetes ini tidak hanya menyerang mereka yang berusia lanjut atau memiliki badan yang gemuk. Penyakit diabetes bisa juga menyerang mereka yang masih berusia muda atau memiliki badan yang tidak terlalu besar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan