Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Inilah Tim yang Pantas Diunggulkan Lolos ke Semi Final AFCON 2021

28 Januari 2022   09:33 Diperbarui: 28 Januari 2022   17:15 848 29 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mohamed Salah dan Achraf Hakimi. Keduanya akan saling berhadapan di perempat final AFCON 2021 (Sumber : https://twitter.com/SCCR_212/)

Piala Afrika 2021 alias AFCON 2021 (Africa Cup of Nations) telah memasuki babak perempat final. Delapan tim telah memastikan tempat di sana. Mereka adalah Gambia, Kamerun, Burkina Faso, Tunisia, Mesir, Maroko, Senegal, dan Guinea Khatulistiwa.

Ke-8 tim perempat finalis itu sudah mendapatkan "pasangan" masing-masing. Gambia akan melawan Kamerun (29/01), Burkina Faso akan berhadapan dengan Tunisia (30/01), Mesir akan meladeni Maroko (30/01), dan Senegal akan bertemu Guinea Khatulistiwa (31/01).

Dari ke-8 tim perempat finalis tersebut, tentu harus ada empat tim yang gugur dan ada empat tim yang melaju ke babak berikutnya yakni  ke babak semi final. Pertanyaannya, tim mana yang pantas diunggulkan melaju ke babak semi final?

Berdasarkan performa di babak sebelumnya dan materi pemain yang dimiliki saat ini, inilah empat tim yang pantas diunggulkan melaju ke semi final.

Pertama, Gambia versus Kamerun. Di fase grup Gambia menempati posisi ke-2 klasemen akhir Grup F. Sementara itu Kamerun menempati posisi pertama alias juara Grup A.

Kemudian di babak 16 besar secara mengejutkan Gambia mengalahkan Guinea dengan skor 1-0. Sedangkan Kamerun mengalahkan Komoro dengan skor tipis 2-1.

Gambia merupakan tim debutan dan sekaligus tim yang mengejutkan di Piala Afrika 2021 ini. Sementara itu Kamerun adalah peraih 5 trofi Piala Afrika, terbanyak kedua setelah Mesir.   

Gambia memiliki beberapa pemain yang merumput di beberapa liga top Eropa. Seperti Omar Colley (Sampdoria), Saidy Janko (Real Valladolid), Musa Barrow (Bologna), Ebrima Darboe (AS Roma), atau Ebrima Colley (Spezia).

Sementara itu Kamerun memiliki lebih banyak pemain top yang bermain di banyak liga top Eropa. Sebut saja ada Eric Choupo-Moting (Bayern Munchen), Karl Toko Enambi (Olypique Lyonnais), Andre Onana (Ajax), Jean Onana (Bordeaux), Pierre Kunde (Olympiakos), atau Andre-Frank Zambo Anguissa (Napoli).  

Dari perbandingan tersebut cukup jelas bahwa Kamerun unggul segalanya atas Gambia. Belum lagi faktor tuan rumah dan faktor ketajaman penyerang Kamerun Vincent Aboubakar, jadi faktor plus keunggulan Kamerun lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan